Maju di DPD RI, Ismunandar Aziz dan Jhonny Laing Impang Serahkan Berkas ke KPU  

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Memasuki hari ke-11, Kantor KPU Kaltara kembali menerima 2 orang yang menyerahkan berkas syarat sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2024 mendatang.

Komisioner KPU Kaltara Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Teguh Dwi Subagyo mengatakan, 2 orang tersebut yakni Ismunandar Aziz dan Jhonny Laing Impang.

“Tadi pagi pukul 11.00 Wita pak Ismunandar Aziz datang ke KPU Kaltara yang menyerahkan berkas dengan dukungan 1.703 orang. Lalu kemudian barusan tim pak Jhonny Laing Impang itu menyerahkan sejumlah 1.235 orang,” ungkapnya Selasa (27/12/2022).

Kemudian pendukung Ismunandar Aziz dan Jhonny Laing Impang, kata Teguh tersebar di 5 kabupaten kota di Provinsi Kaltara.

Baca Juga :  Ingin Bangun Kaltara, Marthin Billa Kembali Maju DPD

“Nah statusnya diterima. Karena memang secara jumlah cukup, secara sebaran yang syaratnya minimal 3 kabupaten kota. Mereka 5 jadi kita terima lalu bersama yang lain kita tunggu sampai tanggal 29 Desember selesai dan 29 malam kita rekap. Kemudian tanggal 30 kita action lakukan vermin,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan hari ini KPU Kaltara pun menemukan kendala dari pengurusan berkas milik Ismunandar Aziz.

“Ada kendala tadi pak Ismunandar Aziz ada selisih satu. Karena selisih satu dokumennya terekapnya dengan jumlahnya selisih satu kita samakan. Jadi kita berikan kesempatan kepada operator untuk menyamakan,” jelasnya.

Baca Juga :  Sekjen Gerindra: Prabowo Kesampingkan Ego Demi Jaga Persatuan Bangsa

Kemudian KPU Kaltara juga menemukan data yang berubah. “Sehingga terjadi selisih dan sudah dibetulkan. Jadi artinya kalau ada tidak konek ketahuan bisa dikoreksi dan tidak sampai 1 jam untuk menunggu prosesnya dan selesai. Secara total jumlah itu nyambung. Tapi kedalamannya seperti apa nanti kita akan verifikasi administrasi yang pertama kita cek kesesuaian jumlahnya antara dokumen fisik yang mereka serahkan berupa print out dengan isi yang ada di silon dan koreksi itu tidak perlu lama,” bebernya.

Kemudian menurutnya yang telah mengajukan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) DPD RI ke KPU Kaltara sebanyak 19 orang.

Baca Juga :  Jokowi: Tekanan Ekonomi Global Sudah Mereda

“Ada 19 orang. Lalu dari 19 orang secara total telah menyampaikan ada 9 orang berarti secara kekinian tinggal 10 orang lagi yang belum,” tuturnya.

Lebih lanjut, Teguh mengimbau kepada setiap bakal calon DPD RI datang ke KPU Kaltara untuk menyampaikan pemberitahuannya secara resmi.

“Paling tidak H-1 di jam kerja. Tapi melihat situasi kalau memang mereka sudah siap lalu kemudian berkasnya lengkap. Tujuannya kalau ada 1 orang lebih yang mengajukan di jam yang sama kita akan mendahulukan orang yang telah mengabari H-1 terlebih dahulu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *