Idealnya 326 Penghuni, Lapas Nunukan Diisi 1.196 Orang, Uang Makan Sebulan Nyaris Rp1 M

benuanta.co.id, NUNUKAN – Hingga saat ini Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan melampaui batas kapasitas atau over capacity.

Lapas Nunukan yang seharusnya memiliki daya tampung 326 orang, namun harus diisi sebanyak 1.196 orang.

Saat di konfirmasi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa, menyampaikan saat ini Lapas Nunukan sudah sangat over kapasitas penghuninya.

“Jumlah penghuninya sudah 3 kali lipat lebih banyak, dan di dominasi kasus narkoba, di sini tentu berbagai macam kasus, kata Wayan Nurasta, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga :  Bupati Laura Minta Kades dan Dinsos Tekan Angka Kemiskinan

Over capacity Lapas Nunukan tentu akan berkonsekuensi dengan kebutuhan sandang pangan sehari-hari untuk narapidana yang bisa saja kebutuhannya jadi melebihi dari yang diperhitungkan sebelumnya.

Bagi tahanan akan diberikan makan dan minum yang sudah disiapkan oleh negara yang menjadi kewajiban, dalam sehari tiga kali mulai pagi, siang dan malam.

Bahan makan mulai dari sayur yang masih mentah, daging mentah, sehingga estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk belanja per bulan diperkirakan sebesar Rp 967 Juta atau mendekat angka Rp 1 Miliar.

Baca Juga :  Kenalan Melalui Mi Chat, Pengepul Rumput Laut Malah Tiduri Anak di Bawah Umur

Jadi jika di estimasi rata-rata anggaran per satu kali makan narapidana di Lapas adalah sebesar Rp 8.666, Sehingga untuk kebutuhan per orang dalam satu hari dengan jumlah tiga kali makan sebesar Rp 26.00.

Dalam pengelolaan makanan di Lapas Nunukan akan dilakukan lelang oleh pihak ketiga, namun itu bahan mentah. Sedangkan yang memasak akan diberdayakan warga binaan yang ditunjuk sebagai juru masak.

Baca Juga :  Curi Motor Tetangga, Sopir Dump Truk Ditangkap Polisi

“Jadi penyediaan bahan makanannya adalah dilakukan lelang terbuka di LPSE. Sudah ada panitia lelangnya. Laporan hasil lelangnya, akan disampaikan kepada Lapas Nunukan lalu dibuat kontraknya,” jelasnya.

Untuk anggaran bahan makanan dari pusat untuk kebutuhan makan dan minum pada tahun 2022, sebesar Rp 19 Miliar.(*)

Reporter: Darmawan
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *