Belasan Calon Ketua RT di Tanjung Harapan Nunukan Tes Urine Narkoba, Ternyata Begini Hasilnya

benuanta.co.id, NUNUKAN – Belasan calon ketua Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Tanjung Karang Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan melaksanakan tes urine pada Senin (26/12/2022).

Kepala Seksi Trantib Kelurahan Tanjung Harapan, Ishaq menyampaikan kegiatan tersebut sebagai upaya mewujudkan Kelurahan Bersinar ( bersih narkoba ) di lingkungan Kelurahan Tanjung Harapan.

“Tes urine yang kami laksanakan dengan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan,” ujar Ishaq.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di di Kantor Kelurahan tersebut juga sebagai deteksi dini melalui tes urine kepada Calon Ketua RT di wilayahnya.

Baca Juga :  Residivis Ini Curi Barang Berharga Milik Warga dari Bali, Seperempat Miliar Raib Dalam Sekejap

Ishaq mengutarakan, untuk tahapannya para peserta mengisi formulir terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan registrasi dan secara bergantian masing-masing memasuki toilet yang ada di Kantor Kelurahan.

“Selama proses pengawasan secara ketat sesuai SOP diberlakukan dalam pengambilan sampel urine oleh petugas dari BNNK Nunukan, ini untuk menghindari adanya peserta yang melakukan kecurangan,” katanya.

Dari 11 sampel urine tersebut lalu dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba enam parameter, dan hasilnya dari hasil pengujian 11 sampel urine tersebut dinyatakan negatif narkoba.

Baca Juga :  Kapolres Nunukan Rangkul Media Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada

Ishaq menyampaikan jika Tes urine tersebut bertujuan, sebagai salah satu syarat kelengkapan dokumen pendaftaran Calon Ketua RT yaitu surat keterangan bebas narkoba sebagai bentuk antisipasi penyalahgunaan narkoba.

“Ini yang ikut baru 11 orang, Alhamdulillah hasilnya negatif semuanya, tapi untuk beberapa peserta calon ketua RT yang berhalangan datang ke kantor pun telah kami laksanakan sistem jemput bola atau melakukan tes ditempat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Nunukan, Emmanuel Hendry Wijaya melalui Sub Koordinator P2M Murjani Shalat mengungkapkan sangat apresiasi atas inisiasi pihak Kelurahan Tanjung Harapan yang melaksanakan kegiatan tes urine tersebut.

Baca Juga :  Pria Paruh Baya yang Gantung Diri di Teras Rumah Diduga Tak Tahan Mengidap Penyakit

“Tentunya kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Lurah Tanjung Harapan yang telah menginstruksikan supaya Calon Ketua RT di wilayahnya harus dites urine, sebagai deteksi dini,” ungkap Murjani.

Ia berharap, nantinya adalagi pihak-pihak dari kelurahan atau desa lainnya yang menyelenggarakan pemilihan Ketua RT Serentak dengan melaksanakan tes urine narkoba.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *