Polda dan Korem Pastikan Keamanan Perayaan Nataru Berjalan Aman dan Lancar

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pastikan perayaan natal dan tahun baru berjalan dengan aman dan lancar, terutama pelaksanaan ibadah pada malam natal. Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya bersama Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Ari Estefanus, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Kaltara Andi Nasuha, laksanakan patroli ke gereja dan pos terpadu.

Ikut dalam giat itu Wakapolda Kaltara Brigjen Pol Kasmudi beserta jajaran pejabat utama Polda Kaltara dan Korem 092 Maharajalila.

Rombongan ini pertama melakukan pengecekan pos Kayan 1, berlanjut di Gereja GPIB dan GKII Tanjung Selor serta ke Gereja Katedral Santa Maria Assumpta Tanjung Selor.

“Pantauan kami, masyarakat yang menjalankan rangkaian ibadah dan perayaan natal bisa menjalankan dengan lancar dan kondusif,” ungkap Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya kepada benuanta.co.id, Sabtu 24 Desember 2022.

Baca Juga :  Vaksinasi Campak 2022 se Kaltara Mencapai 88,7 Persen

Dirinya pun meminta masyarakat umat kristiani di Bulungan secara khusus dan umumnya di Provinsi Kaltara untuk menjalankan ibadah dengan tenang. Karena kepolisian bersama TNI akan siap mengamankan.

“Kami ucapkan atas nama Polda Kaltara dan jajaran selamat natal dan tahun baru 2023,” ucapnya.

Momen inipun menjadikan adanya gelombang pergerakan masyarakat yang besar untuk merayakan ditempat keluarga besar, baik melalui jalur darat, udara dan laut.

“Kegiatan seperti ini biasanya ada pergerakan manusia lebih dari hari biasa. Entah itu mau pulang kampung atau mudik, tentunya ini kami harus bantu amankan dibantu TNI, pemda, ormas seperti Banser,” jelasnya.

Baca Juga :  Geilatkan UMKM, Belanja OPD Diwajibkan di E-Katalog

Dirinya pun meminta masyarakat untuk berhati-hati, pasalnya kondisi cuaca saat ini tak menentu beberapa tempat di Indonesia tengah dilanda cuaca buruk.

“Untuk armada transportasi sendiri dari pihak Dishub mengatakan ada penambahan,” tuturnya.

Khusus untuk personel saat pengamanan di gereja, kata dia bertugas selama 24 jam ini memastikan kondisi jalannya ibadah tetap aman. Sedangkan keberadaan posko terpadu memiliki tugas agar setiap kegiatan dari natal hingga tahun baru berjalan dengan lancar.

“Kemudian untuk rute jalan misalnya ke Malinau, maka jumlah personel diperbesar dari sebelumnya. Bertugas mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan perjalanan dan jalur perairan juga demikian kita selalu ingatkan untuk menjaga keselamatan,” paparnya.

Baca Juga :  Masa Perbaikan Selesai, 3 Balon Diberikan Perpanjangan Waktu Upload Data ke Silon

Sementara itu, Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Ari Estefanus menuturkan pihak TNI dalam kegiatan pengamanan Nataru, sebagai petugas perbantuan kepada Polri.

“Itu sudah kita tempatkan di tiap-tiap titik itu minimal 2 orang personel dari TNI untuk membantu Polri dalam menjaga pengamanan terutama dalam pelaksanaan ibadah,” ujarnya.

Selain malam natal, puncak perayaan di tanggal 25 Desember serta malam tahun baru personel TNI diberikan tugas mengamankan, hal itu menyesuaikan dengan standar operasional prosedur (SOP) Polri.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *