Manfaatkan MCS, Astuti Akui Kehadirannya Sangat Membantu Masyarakat

TARAKAN – Astuti (34) peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini mengunjungi layanan Mobile Customer Service (MCS) yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Selumit Pantai pada Jumat (28/10). Tidak banyak yang hendak dilakukannya, Astuti mengaku hanya ingin mengecek tunggakan iuran JKN nya.

“Saya terdaftar sebagai peserta sejak 2017. Sebelumnya tidak pernah menunggak, baru sekitar 2 bulan terakhir ini saya lupa untuk membayar iuran BPJS Kesehatan saya. Kebetulan saya dengar info dari kelurahan kalau BPJS Kesehatan akan datang ke sini, makanya saya sempatkan untuk langsung bertanya ke sini,” terang Astuti.

Astuti menyampaikan, biasanya ia tidak pernah mau untuk menunggak iuran. Menurutnya, memiliki kepesertaan yang aktif sangat penting karena jika sewaktu-waktu sakit dapat langsung digunakan tanpa hambatan.

“Apalagi kalau sudah sakit, pasti kita sangat membutuhkan kartu kita aktif. Karena dulu saya sudah sangat terbantu untuk proses persalinan anak pertama dan kedua saya yang harus lewat operasi sesar,” kenang Astuti.

Baca Juga :  Polres Tarakan Berikan Dispensasi Pengurusan SIM Mati saat Libur Lebaran

Astuti mengatakan, sebagai peserta yang sudah memanfaatkan Program JKN ini sejak kelahiran anak pertama hingga anak keduanya sangat terbantu karena biaya pelayanan kesehatan dirinya dan keluarga telah terlindungi oleh Program JKN.

“Alhamdullilah kami sangat terbantu oleh BPJS Kesehatan, karena biaya operasi sesar tentunya lebih mahal dari persalinan normal biasanya. Prosesnya juga mudah dan tidak dipersulit seperti kata orang-orang. Mulai dari dokter praktek hingga dirujuk ke rumah sakit seluruhnya dijamin,” ucap Astuti.

Baca Juga :  Tak Bisa Pasang PJU di Depan Landasan, Pemkot Usahakan Cari Jalan Keluar 

Astuti pun merasa lega mengetahui bahwa setelah melunasi tunggakannya, kartunya akan langsung aktif kembali tanpa harus melapor. Ia pun menyebut, pelayanan yang diberikan oleh MCS sangat informatif dan memudahkan masyarakat.

“Tadi saya dijelaskan soal sistem autodebet untuk menghindari lupa membayar iuran. Selain itu saya juga dibantu untuk menginstal aplikasi Mobile JKN, agar selanjutnya dapat mengecek tunggakan iuran saya sendiri. Petugasnya baik dan sangat informatif sekali,” ujarnya.(adv/oki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *