Festival Sungai Kayan, Masyarakat Antusias Saksikan Balap Perahu dan Ketinting

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Lomba Perahu Dayung dan Ketinting pada gelaran ‘Festival Sungai Kayan’, mampu menarik ratusan pasang mata yang menyaksikannya.

Terlihat para penonton berbondong-bondong di sepanjang tepian Sungai Kayan, bahkan ada yang rela berpanas-panasan demi melihat langsung aksi para peserta lomba.

Antusias dari para penonton diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat di sekitar, yang menjual beragam produk makanan, produk lokal maupun aksesoris.

Demikian disampaikan Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A. Paliwang,S.H., M.Hum saat hadir sekaligus membuka secara langsung Festival Sungai Kayan di Pelabuhan Speedboat VIP, Tanjung Selor, Sabtu (3/12/2022).

Atas nama pribadi dan Pemprov Kaltara, Gubernur Kaltara mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya festival ini.

Baca Juga :  Informasi Pesan Suara Penculikan Anak Belum Valid

Menurutnya, selain merupakan agenda tahunan dalam memeriahkan HUT ke-10 Provinsi Kaltara, ini juga akan menjadi potensi luas biasa dalam menghidupkan olahraga masyarakat berbasis budaya.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih saya ucapkan. Selain upaya dalam menghidupkan olahraga masyarakat berbasis budaya, diharapkan terlaksananya festival ini juga akan meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Kaltara,” kata Gubernur, Zainal Arifin Paliwang.

Gubernur menyampaikan, rasa bangga kepada seluruh masyarakat, karena Sungai Kayan dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, dirinya turut mengajak masyarakat untuk menjaga atas anugerah yang berlimpah atas keindahan alam yang masih alami.

Baca Juga :  Target Rampung Oktober 2023, DPRD Kaltara Terus Dikebut

“Saya berharap Pemkab Bulungan dan seluruh masyarakat Bulungan dapat mengolah Sungai Kayan ini dengan baik, yang bukan tidak mungkin akan sangat bisa kita jadikan potensi wisata kedepannya”, harapnya.

Gubernur Kaltara juga berharap, agar kegiatan olahraga Perlombaan Balap Perahu Dayung dan Ketinting seperti ini dapat secara rutin laksanakan, agar kelak dapat melahirkan bibit-bibit baru yakni atlet perahu dan ketinting yang unggul yang dapat berlaga di ajang nasional maupun internasional.

“Selamat bertanding, tetap menjunjung tinggi sportifitas dan profesionalisme dengan cara menunjukkan performa terbaik dalam meraih kemenangan,” pungkas Gubernur.

Baca Juga :  Bertepatan pada Musyawarah II, Gubernur Sekaligus Resmikan Sekretariat DAD Kaltara

Adapun yang menghadiri kegiatan ini diantaranya, Ketua DPRD Kaltara, Albertus Stefanus Marjanus, S.T.,  Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Dr H Suriansyah, M.A.P., Asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Dr Bustan SE.,M.Si., jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltara, unsur forkopimda Bulungan dan Provinsi Kaltara serta masyarakat Kabupaten Bulungan.

Sebagai informasi, perlombaan balap perahu dayung dan ketingting Festival Sungai Kayan, diikuti beberapa daerah dari dalam maupun luar daerah. Dimana setiap peserta atau tim dibagi menjadi beberapa grup dan kelasnya. (*/dkisp)

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *