Proyek Stadion Mattoanging akan Dapat Kucuran Anggaran Rp200 Miliar di APBD 2023

benuanta.co.id, SULSEL – Meski proyek Stadion Mattoanging Makassar pembangunannya belum ada kejelasan, namun kembali diusulkan penambahan anggaran.

Di 2023, Stadion bersejarah ini kembali diusulkan penambahan anggaran sebesar Rp200 miliar. Padahal sejak diratakan dengan tanah akhir 2020 lalu, stadion Mattoanging tercatat mendapat kucuran anggaran Rp70 miliar di 2021 dan Rp66, 2 miliar di 2022.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1560 votes

Menurut Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Rahman Pina, bahwa pembangunan Stadion Mattoanging masih menjadi prioritas pada Tahun Anggaran 2023.

“Kita sudah mengusulkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga, pembangunan stadion menjadi prioritas. Kalau bisa anggaran 2023 ini kita usulkan ada tambahan hingga 200 miliar, mudah – mudahan itu bisa dijalankan,” kata Legislator dari Fraksi Golkar itu, Rabu, (30/11)

Disebutkan Rahman Pina, pengusulan anggaran tersebut untuk mencapai kebutuhan terkait penyelesaian Stadion Mattoanging. Di mana Pemprov Sulsel membutuhkan biaya sebesar Rp400 lebih untuk menyelesaikan pembangunan Stadion Mattoanging dengan kapasitas penonton 40 ribu orang dan bertaraf internasional berstandar FIFA.

“Kan ada 70 dan 60 miliar kalau tidak salah, berarti (dengan tambahan 200 miliar) sudah ada sekitar 300 miliar dari total kebutuhan anggaran kurang lebih 400 miliar. Mudah – mudahan bisa diakomodir di 2023,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah Erbe tidak yakin pembangunan Stadion Mattoanging Makassar bisa terwujud. Pasalnya
terkendala dengan desain Detail Engineering Design (DED) yang telah menelan anggaran dari APBD Provinsi sebesar Rp20 miliar lebih.

Di mana DED Stadion Mattoanging telah selesai dengan kapasitas 40 ribu penonton yang dikerjakan oleh PT Arkonin sesuai kontrak kerja.
Namun belakangan Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga melakukan perubahan penurunan kapasitas menjadi 20 ribu penonton.

Di sisi lain, untuk perubahan desain dari kapasitas 40 ribu menjadi 20 ribu penonton sulit dilaksanakan. Sebab, jika Pemprov Sulsel kembali menganggarkan perubahan DED dengan kapasitas 20 ribu penonton berpotensi terjadi kerugian negara.

Pasalnya Pemprov Sulsel telah menggelontorkan anggaran DED Stadion Mattoanging sebanyak untuk kapasitas 40 ribu penonton.

“Kemudian kalau kita mau menganggarkan (DED 20 ribu penonton) itu menjadi persoalan hukum, kan kita sudah anggarkan 40 ribu,” ungkapnya belum lama ini.

Di berbagai kesempatan Gubernur Sulsel masih optimis melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging di sisa masa jabatannya yang berakhir di 2023 nanti.(*)

Penulis: Akbar

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *