Jalan Jamaker di Nunukan akan Diberlakukan Satu Arah

benuanta.co.id, NUNUKAN – Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nunukan No.188.45/53/X/2022, Jalan Jamaker, Kelurahan Nunukan Barat akan ditetapkan satu arah bagi kendaraan yang melintasi jalan tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan Lalulintas Polres Nunukan, AKP Arofiek Aprilian Riswanto yang mengatakan saat ini pihaknya bersama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Nunukan tengah melakukan sosialisasi dengan masyarakat dan penggunaan jalan yang melintas di Jalan tersebut bahwa akan diberlakukan satu arah.

“Jadi nanti itu untuk masyarakat yang akan Pasar Jamaker kini tak bisa lagi melalui dari arah simpang empat PLBL Liem Hie Djung Nunukan, karena nnti akan diberlakukan satu arah dengan jalur masuk melewat depan Kantor Lurah Nunukan Barat,” ujar Arofiek kepada benuanta.co.id, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga :  Bersinergi Dengan TNI-Polri, Ratusan CPMI Ilegal Digagalkan BP3MI Masuk ke Malaysia

Arofiek mengungkapkan, sejatinya
pengaturan tentang larangan tidak diperbolehkan menggunakan dua arah sudah lama dilakukan, namun hanya saja dalam pelaksanaannya di lapangan para pengguna jalan tetap saja menggunakan dua arah.

“Makanya kita lakukan sosialisasi saat ini, karena kita sadar juga banyak pengguna jalan yang tidak tauh kalau jalan tersebut telah diberlakukan satu arah,” katanya.

Arofiek menyampaikan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat akan diterapkan satu arah, yang mana akan masuk melalui depan kantor Lurah Nunukan Barat, sedangkan untuk pengendara dari arah bawah atau simpang 4 PLBL ke luar Kantor Lurah Nunukan Barat tidak diperbolehkan naik melewati jalan tersebut.

Baca Juga :  Ketua DPRD Nunukan Rahma Leppa Sebut Beras Lebih Penting Daripada Cabai

Jika pengendara dari arah PLBL dan ingin menuju ke pasar Jamaker, maka masih diperbolehkan. Lanjutnya, pengendara hanya boleh belok kiri menuju pasar setelah jembatan sebelum masuk pasar. Namun jika pengendara ingin naik melewati kantor kelurahan maka tidak diperkenankan.

Arofiek menjelaskan, diberlakukannya satu arah di jalan Jamaker tersebut dengan memperhatikan beberapa pertimbangan terutama keselamatan dan menghindari kemacetan dijalan menuju Pasar tersebut saat hari-hari besar lantaran lebar jalan tersebut yang tidak memungkinkan untuk dilakukan dua arah.

Baca Juga :  Dishub Nunukan, Warga dan Unsur TNI Bersinergi Bangun Pelabuhan di RT 13 Perum Simanggaris

“Tentu saja karena faktor keselamatan, selain itu sudah diperkuat juga dengan SK Bupati,” ucapnya.

Selama melaksanakan sosialisasi, Arofiek menegaskan bahwasanya belum diberikan sanksi kepada pengendara yang masih melintas dengan dua arah. Selain itu, ia mengatakan jika saat ini telah terpasang Rambu-rambu bahwa jalan tersebut hanya untuk satu arah.

“Saat ini baik dari personel Lantas dan Dishub Nunukan kita tempatkan disitu untuk selalu memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan,” tandasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *