Gedung Lama RSUD dr JSK akan Dibenahi Bertahap

benuanta.co.id, TARAKAN – Kegiatan survei fasilitas ruangan dan fungsinya pada seluruh sisten pelayanan rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Jusuf SK (JSK) memasuki hari ketiga. Survei ini dilakukan oleh tim Standar Akreditasi Rumah Sakit Kementrian Kesehatan (STARKES).

Direktur RSUD JSK, dr. Rustam Samsuddin, MM, mengatakan sangat terbantu dengan saran dari tim surveyor akreditasi.

“Karena efeknya untuk membantu menunjang kebutuhan pasien lebih baik lagi. Terutama gedung-gedung lama akan diperbaiki sesuai fungsi dan kebutuhan rumah sakit,” ungkapnya Rabu (30/11/2022).

Dokter Rustam menyebut, saat ini yang harus segera diperbaiki seperti gudang farmasi, Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit (IPSRS) dan bangunan sekitar RSUD akan dilakukan pengembangan lebih lanjut.

“Tapi kita rehab dulu secara bertahap dan nanti kita lihat apakah menggunakan anggaran APBD. Karena perbaikan gedung kita akan lihat fisibilitinya, lalu mana yang prioritas akan diperbaiki secara bertahap,” sebutnya.

Termasuk perbaikan dan melengkapi alat kesehatan di RSUD menjadi acuan utama untuk menunjang keselamatan pasien.

“Termasuk kami akan upayakan SDM tenaga perawat di RSUD dr Jusuf SK bisa rutin mengikuti kegiatan diklat supaya dapat sertifikat dan kemampuan terampilnya makin meningkat dalam menangani pasien pada bagian yang dikuasainya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan dan Keperawatan RSUD JSK, yakni Bethy Mariana S.Kep Ns menambahkan perbaikan pelayanan kepada pasien lebih baik merupakan cita-cita Gubernur Kaltara.

“Ini juga harapannya pimpinan daerah yaitu Gubernur Kaltara menyampaikan supaya rumah sakit ini nanti menjadi rumah sakit pendidikan untuk mendukung cita-cita mendirikan fakultas kedokteran di Universitas Borneo Tarakan,” ungkapnya.

Menurutnya salah satu persyaratan Universitas Borneo Tarakan bisa membuka fakultas kedokteran, RSUD JSK harus lulus paripurna.

“Di kegiatan Akreditasi ini, inilah yang sedang kita kejar dan kita optimis bisa mencapai penilaian hasil paripurna,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *