APBD 2023 Disetujui, DPRD Nunukan Memberikan Saran dan Masukan ke Pemerintah Daerah

benuanta.co.id, NUNUKAN – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Tahun Anggaran 2023 telah disetujui dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Nunukan, Senin (28/11/2022).

Anggota Badan Anggaran DPRD Nunukan, Andre Pratama menyampaikan, setelah mempelajari dan mengkaji secara seksama. Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nunukan memberikan saran dan masukan.

“Kami memberikan delapan saran dan masukan ke pemerintah daerah, diantaranya Pembangunan Sarana dan Prasarana Khususnya Pendidikan,” kata Andre.

Pertama itu, mengharapkan kepada Pemerintah Daerah agar pembangunan sarana dan prasarana khususnya pendidikan, memperhatikan azas pemerataan di seluruh Kecamatan Wilayah Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  Nunukan Targetkan sebagai Penghasil Jagung di Kaltara

Kedua DPRD juga meminta dalam penyusunan updeting data kependudukan dan cacatan sipil Untuk itu diharapkan kepada Pemerintah Daerah agar dapat mengakomodir anggaran pengadaan alat perekaman elektronik setiap Kecamatan agar pendekatan pelayanan publik pada Disduk Capil dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Ketiga pemerintah daerah sangat diharapkan agar memperhatikan pelayanan kesehatan baik di Puskesmas, maupun Puskesmas pembantu khususnya kawasan pedalaman di seluruh Wilayah Kabupaten Nunukan, yang selama ini selalu dikeluhkan masyarakat karena seringnya kehabisan obat-obatan.

Baca Juga :  Hujan Deras, Air Genangi Dua Rumah dan Kampus Poltek Nunukan

Keempat dengan Tahun 2023 memasuki momentum tahapan pemilihan Umum 2024 maka diharapkan Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan
Anggaran yang lebih maksimal khususnya kepada pihak keamanan dalam kepanitiaan pemilihan umum. “Kami anggap ini penting,” jelasnya.

Kelima, target PAD di Tahun 2023 perlu di koreksi ulang dari angka nilai yang sudah ada dalam rangka mendorong OPD terkait dalam memaksimalkan penarikan sumber-sumber pendapatan yang ada.

Enam, mengakomodir anggaran sekretariat DPRD terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan alat kelengkapan DPRD, sehingga pelaksanaan Program DPRD berjalan dengan baik, sinergi dan berbanding lurus dengan kegiatan pemerintah daerah.

Baca Juga :  Kabur dari Ruang Tahanan Imigrasi, Dua WNA Pakistan Diamankan di Rumah Warga

Dan yang ketujuh pemanfaatan anggaran dilakukan seefektif dan seefisien mungkin agar lebih tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sedangkan yang kedelapan, seluruh anggota banggar DPRD Kabupaten Nunukan setuju raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023 untuk dapat disahkan. “Kami sudah setuju Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023,” terangnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *