Ribuan Warga Toraja di Nunukan Meriahkan Arak-arakan ‘Lettoan’

benuanta.co.id, NUNUKAN – Sekitar 2.000 orang warga Toraja di Kabupaten Nunukan ikut arak-arakan babi untuk menyambut syukur telah dibangunnya Gereja Toraja Jemaat Eben-Haezer Nunukan, Sabtu, 26 November 2022.

Yang menarik dalam kegiatan adat Toraja ini ditampilkan sebanyak 25 babi dimasukan ke Lettoan atau dalam tandu, lalu diangkat sambari digoyang oleh penandu.

Baca Juga :  Basarnas Tarakan Perkuat Pos SAR Nunukan dengan Alutsista Baru

Ketua Panitia, Zet Simon, mengatakan Gereja Toraja yang berjamaat hanya mayoritas orang Toraja. Hal ini juga menunjukkan setiap kegiatan selalu mencirihaskan budaya Toraja seperti Pentahbisan Gereja Toraja saat ini.

“Jadi yang hadir di sini bukan hanya jemaat yang bergereja tapi adalah sebagian besar masyarakat Toraja yang ada di Kabupaten Nunukan,” kata Zet Simon, kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  PKBM Lanuka Terus Fasilitas Hak Pendidikan WBP Lapas Nunukan 

Lanjut dia, kedatangan mereka dengan ciri khas tertentu membawa budaya-budaya Toraja yang menjadi simbol. Dengan adanya kegiatan Pentahbisan merupakan momentum untuk mempersatukan masyarakat Toraja. “Kegiatan ini merupakan ucapan syukur karena telah dibangunnya Gereja Toraja Jemaat Eben-Haezer Nunukan,” jelasnya.

Kata Zet Simon, arakan ini merupakan ucapan syukur, sehingga ditampilkan budaya-budaya, kemudian ada juga tarian Toraja dengan tujuan budaya tetap dilestarikan. (*)

Baca Juga :  Pembukaan PLBN di Sei Menggaris Jadi Pembahasan Utama Sosek Malindo

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *