Gapoktan SP9 Tanjung Buka Gelar Tanam Perdana Bibit Jeruk Siam Madu

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dalam momen peringatan hari ulang tahun (HUT) Satuan Pemukiman (SP) 9 Desa Tanjung Buka Kecamatan Tanjung Palas Tengah, tak hanya dilakukan syukuran biasa. Namun di wilayah transmigrasi itu dilaksanakan penanaman perdana jeruk siam madu di calon lokasi perkebunan di SP 9 seluas 3 hektare dengan jumlah 1.000 bibit jeruk.

Hadir dalam syukuran hari jadi itu, Bupati Bulungan Syarwani dan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala beserta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara Heri Rudiyono, Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar dan lainnya.

“Bibit jeruk siam ini pertama kali ditanam di SP-9 Tanjung Buka. Mudah-mudahan ini bisa menjadi prodak unggulan dari Tanjung Buka khususnya di SP 9,” ucap Bupati Bulungan Syarwani, Kamis 24 November 2022.

Baca Juga :  DPKP Tegas soal Cegah Hewan Ternak masuk ke Kaltara

Dirinya berharap kepada masyarakat Desa Tanjung Buka, apa yang sudah dilaksanakan ini agar dijaga dan dirawat supaya menghasilkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Insya Allah, saya yakin ini dapat menambah dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Tanjung Buka SP 9,” tuturnya.

Dia mengatakan di SP 9 Tanjung Buka ini banyak hal yang harus dibenahi, karena sebagian besar kawasan Tanjung Buka ini adalah kawasan pangan di Kabupaten Bulungan. Hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah.

Baca Juga :  DPKP Tegas soal Cegah Hewan Ternak masuk ke Kaltara

“Ini harus dikerjakan dan ditata, seperti bagaimana kita membangun usaha tani dengan upaya pemenuhan sarana pendukungnya, tentu ini menjadi pekerjaan yang harus kita tuntaskan ke depan,” jelasnya.

Syarwani mengatakan kawasan pertanian Tanjung Buka adalah kawasan pangan tentunya diharapkan mampu menyesuaikan dengan produk-produk pangan yang bisa dihasilkan.

Sementara itu, Kepala DPKP Kaltara Heri Rudiyono yang hadir turut menyerahkan bantuan benih padi putih dan herbisida kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Tanjung Buka.

“Saya sangat mengapresiasi pengembangan pertanian di SP 9 ini karena selain padi, juga mengembangkan tanaman hortikultura seperti sayur dan buah-buahan,” ujar Heri Rudiyono.

Baca Juga :  DPKP Tegas soal Cegah Hewan Ternak masuk ke Kaltara

Dia menyebut pemerintah daerah berkomitmen untuk terus memfasilitasi masyarakat petani agar dapat meningkatkan kesejahteraannya melalui hasil-hasil pertanian secara luas.

“Kemarin adalah Gerakan tanam integrasi padi, jeruk dan kelapa di kawasan food estate delta kayan,” sebutnya.

Selain di Desa Tanjung Buka, pihaknya juga memberikan bantuan ke masyarakat di Kecamatan Tanjung Palas Utara, berupa bibit kedelai.

“Kita juga melakukan gerakan tanam kedelai di Desa Karang Agung,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *