RSUD dr JSK Utus Satu Dokter Dampingi Kontingen PWI Kaltara di Porwanas

benuanta.co.id, TARAKAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Jusuf SK memberikan support kepada Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Utara (Kaltara) pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII Jatim berupa tim medis khusus. Tim medis khusus yang diutus yakni, dr. Azlansa Abdul Karim untuk memeriksa kondisi kesehatan atlet sebelum bertanding.

Dokter Azlan menjelaskan akan mendampingi atlet PWI Kaltara dalam bertanding selama 7 hari. Sebelumnya juga saat pelepasan kontingen PWI Kaltara menuju Malang, Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum., sempat berjanji akan menyediakan dokter khusus untuk para atlet.

“Jadi waktu itu dikasih tau sudah H-2 untuk mendampingi PWI Kaltara ke Porwanas,” sebutnya, Kamis (24/11/2022).

Dalam keberangkatannya untuk mendampingi atlet di laga Porwanas, ia membawa berbagai persiapan obat-obatan guna mengantisipasi dan menangani atlet selama bertanding. Seperti kondisi cidera ataupun kondisi tubuh karena perubahan cuaca selama di Malang.

“Saya ada bawa beberapa obat-obatan terus alat untuk semprot juga kalau cidera, terus kemarinkan sudah dibagikan juga vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh soalnya perubahan cuaca juga kan,” terang dokter umum RSUD dr. H. JSK itu.

Menurutnya obat-obatan dan vitamin sendiri sangat diperlukan mengingat atlet bertanding membutuhkan tenaga dan juga banyak energi yang terbuang. Terutama pada cabang olahraga yang berat seperti futsal dan bulu tangkis.

“Ya kalau ditanya diperlukan atau tidak ya pasti diperlukan, terutama yang rawan cidera itu perlu kalau cidera ringan ya bisa aja di semprot pakai anastesi kalau cidera berat seperti nya belum ada atlet kita yang mengalami ini,” ujarnya.

Adapun jika terjadi cidera berat, tim medis memberikan penanganan awal terlebih dahulu setelahnya akan diberikan penanganan selanjutnya berupa perawatan atau pengobatan secara intensif di rumah sakit.

“Sejauh ini tidak ada cidera berat, di sini kan mainnya tidak terlalu kasar juga mainnya,” tandasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *