Kejari Nunukan Sita Uang Tunai Rp 600 Juta dari Direktur PT KCI

benuantaco.id, NUNUKAN –  Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kejaksaan Negeri (Kejari) Nunukan kembali melakukan penyitaan berupa uang tunai sejumlah Rp 600 juta dari kasus dugaan korupsi septic tank di Nunukan, Kamis (24/11/2022).

Penyitaan itu dilakukan dari tersangka KS sebagai direktur PT KCI yang diduga mendapatkan keuntungan yang dari tindak pidana korupsi pada kegiatan pembangunan septic tank pada DPUPRPKP Kabupaten Nunukan tahun 2018.

Baca Juga :  Masih Menunggu Petunjuk dari Kejati, Sidang Tuntutan Sabu 47 Kg Ditunda

Penyitaan itu dilakukan atas hasil pengembangan penyidikan dan upaya koordinasi dengan pihak tersangka yang kemudian secara kooperatif melalui pihak keluarganya melakukan pengembalian sebagian keuntungan yang diperoleh. Pengembalian itu juga disebut sebagai iktikad baik penyelesaian perkara, di mana berdasarkan perhitungan tim penyidik total kerugian kegiatan pada tahun 2018 tersebut mencapai Rp 1.269.450.000.

Baca Juga :  Bersinergi Dengan TNI-Polri, Ratusan CPMI Ilegal Digagalkan BP3MI Masuk ke Malaysia

“Kami akan segera melakukan pemeriksaan tambahan kepada beberapa saksi-saksi dan ahli,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Nunukan Teguh Ananto.

Pemeriksaan kepada kedua tersangka yang ditetapkan sebelumnya pada (22/11/) kemarin, yang kemudian seluruh tersangka akan saling bersaksi. Capaian upaya penyelamatan kerugian keuangan negara oleh tim penyidik telah mencapai Rp 1.900.000.000.

Tim penyidik juga berharap bagi tersangka lainnya agar dapat secara kooperatif melakukan pengembalian keuntungan yang dinikmati. Penyelamatan kerugian keuangan negara sendiri telah menjadi paradigma baru penanganan perkara tindak pidana korupsi di Kejaksaan RI yang tidakk hanya memenuhi keadilan dan kepastian hukum, namun juga mengedepankan kemanfaatan penegakan hukum itu sendiri. (*)

Baca Juga :  Tega, Si Paman Jadikan Ponakannya Budak Nafsu Bejatnya, Melati Hamil Muda

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *