Dokter Pendamping Kontingen PWI Kaltara Pastikan Kondisi Atlet Bugar hingga Akhir Pertandingan

benuanta.co.id, TARAKAN – Selama kurang lebih 7 hari, Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII digelar di Malang Jawa Timur. Pertandingan olahraga ini terdiri dari 10 cabang olahraga dan 7 di antaranya diikuti oleh kontingen dari PWI Kaltara.

RSUD dr. H Jusuf SK turut mendukung dengan memberikan utusan 1 dokter khusus untuk memastikan kondisi atlet sebelum dan sesudah bertanding. Adapun dokter yang ditunjuk yakni dr. Azlansa yang selalu hadir dari awal pertandingan hingga akhir pada laga futsal dan bulu tangkis.

“Kalau dari awal persiapan itu kita suplai vitamin, kemudian dari awal dan selesai saya juga selalu hadir dan memantau. Saya juga meminta kepada teman-teman kalau ada yang cidera untuk segera beri tahu,” ucapnya, Kamis (24/11/2022)

Baca Juga :  Peringati Hari HIV/AIDS, RSUD dr JSK akan Buka Penyuluhan Umum  

Ia pun memastikan bahwa tidak ada kondisi yang mengkhawatirkan dari para atlet, hanya saja terdapat kondisi keram atau pegal setelah bermain, namun hal itu wajar terjadi pasca bertanding.

Selain itu, dr. Azlan menerangkan kondisi atlet juga sempat tidak memungkinkan untuk bertanding pada hari pertama. Dikarenakan sehari sebelumnya kelelahan karena perjalanan dari Tarakan menuju Surabaya yang lebih dari 12 jam.

Baca Juga :  RSUD dr JSK Utus Satu Dokter Dampingi Kontingen PWI Kaltara di Porwanas

“Itukan besoknya langsung tanding, sampai kalah juga dan itu juga salah satu faktor. Harusnya 24 jam setelah itu harus tanding, masa recovery (pemulihan) itu belum sepenuhnya. Pas pertandingan kedua score imbang nah itu karena istirahat juga sudah cukup,” jelas dokter umum RSUD dr. H JSK itu.

Sejauh ini kondisi keram atau nyeri dari atlet setelah bertanding dapat diatasinya dengan baik. Perubahan cuaca dari panas ke dingin juga tidak terlalu berdampak secara signifikan pada atlet.

“Karena pada masih muda-muda juga, staminanya masih oke jadi menghadapi perubahan cuaca juga bisa baik,” tukasnya.

Baca Juga :  Penggunaan Headset dan Earphone Dianjurkan Tak Lebih dari 60 Menit

Sementara itu Ketua PWI Kaltara, Nicky Saputra Novianto mengapresiasi bantuan dokter pendamping yang diberikan dari RSUD dr. JSK untuk memastikan kondisi kesehatan para atlet tetap bugar sebelum dan sesudah berlaga.

“Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan Porwanas ini, meskipun ini yang pertama tapi bantuan yang diberikan termasuk dokter khusus medis untuk atlet sangat membantu,” singkatnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + thirteen =