PT Pertamina EP Bunyu Field Bersinergi dengan Multi Aktor Bangun Rumah Pemotongan Unggas Pertama di Bunyu

Bunyu – Pembangunan Rumah Pemotongan Unggas (RPU) di wilayah Pulau Bunyu dimulai sejak bulan Oktober – November 2022 di Program Peternakan Ayam Kentungan Pak ABO yang berada di Jalan Serdang RT 12 Desa Bunyu Timur, Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan.

Rumah Pemotongan Unggas (RPU) memiliki peranan penting dalam peternakan ayam karena menjadi lokasi tempat dilaksanakannya pemotongan unggas yang berstandar. Kedua, RPU menjadi tempat dilaksanakannya pemeriksaan kesehatan unggas sebelum dipotong. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan penyakit unggas kepada manusia.

“Melalui pembangunan Rumah Pemotongan Unggas (RPU) ini peternak ayam dapat melakukan pemotongan ayam yang sesuai dengan standar Biosekuriti. RPU yang dikelola oleh Kelompok Program Kentungan Pak ABO ini merupakan pertama di Bunyu. Selama ini, peternak ayam di Bunyu memotong ayam ditempat yang belum sesuai standar biosekuriti. Ayam yang dipotong di Rumah Pemotongan Unggas dapat dijamin higienitasnya. Sehingga dapat menghasilkan daging ayam potong berkualitas,” ujar Manager Senior PT Pertamina EP Bunyu Field, Andry, belum lama ini.

Baca Juga :  Dishub Kaltara Upayakan Pengganti Pelabuhan Kayan I Masuk Dalam RIPN

Rumah Pemotongan Unggas ini merupakan program sinergi antara PT Pertamina EP Bunyu Field bersama dengan Pemerintah Desa Bunyu Timur, mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT) dan Kelompok Program Kentungan Pak ABO.

Dikatakan Andry, Rumah Pemotongan Unggas ini dibangun dengan kerja sama antara PT Pertamina EP Bunyu Field, Pemerintah Desa Bunyu Timur, Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT), dan Kelompok Program Kentungan Pak ABO.

Baca Juga :  Kemenhub Operasikan 177 Trayek Angkutan Laut pada 2023

Muhammad Risaldi Mahasiswa KKN Universitas Borneo Tarakan Fakultas Teknik terlibat dalam pembuatan desain Rumah Pemotongan Unggas (RPU) yang sesuai standar dari Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan. Pemerintah Desa Bunyu Timur terlibat dalam pembuatan dan pengawasan pembangunan RPU. Selain itu Anggota Kelompok Program Kentungan Pak ABO terlibat dalam pembuatan RPU.

Kepala Desa Bunyu Timur Syafarudin memberikan apresiasi kepada PT Pertamina EP Bunyu Field yang sudah mendukung pembangunan Rumah Potong Unggas (RPU). “Melalui pembangunan RPU, kelompok ternak Program Kentungan Pak ABO sudah memiliki syarat untuk bisa mendapatkan sertifikat jaminan halal. Sertifikat halal tersebut dapat menjadi syarat bagi peternak ayam untuk memasok daging ke perusahaan” kata Syafarudin.(*)

Baca Juga :  Nunukan Targetkan sebagai Penghasil Jagung di Kaltara

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *