OKP Komentari Kabar Musprov DPD KNPI Kaltara, Andi Aco: Minim Publikasi

benuanta.co.id, TARAKAN – Kabar dari Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Utara (Kaltara) disikapi salah satu Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) nasionalis Satuan Siswa, Pelajar & Mahasiswa (SAPMA) PP Kaltara.

Wakil Ketua Caretaker OKP Satuan Siswa, Pelajar & Mahasiswa (SAPMA PP) Kaltara Andi Surya Cipta, S.E menjelaskan kabar KNPI akan segera melakukan musprov membuat pihaknya kaget. Menurutnya KNPI Kaltara dinilai minim dalam hal publikasi.

“Tentang kegiatan KNPI sangat di sayangkan. Terlepas masa periodesasi yang telah habis. KNPI harusnya terbuka dalam pelibatan semua unsur pemuda,” jelasnya, Rabu (16/11/2022).

Ia melanjutkan, saat ini KNPI tak hanya berbicara tentang pemilihan. Menurutnya, Musprov adalah sarana strategis OKP untuk bermusyawarah.

“Juga untuk ruang dan pesta pemuda OKP memufakatkan ide dan gagasan, yang kemudian dirumuskan dalam proker untuk dijalankan secara konsisten dan bertanggungjawab,” lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Andi Aco itu menegaskan, KNPI sebagai wadah berhimpun yang harusnya lebih terbuka sehingga tidak boleh ada yang merasa tertinggal atau kehilangan informasi.

Terkait pengurus KNPI yang telah memilih OC, SC serta menentukan jadwal musprov, ia tak keberatan. Hanya saja ia meminta terkait fungsi kepemudaan akan eksis jika terkesan tertutup dalam proses berpotensi menimbulkan polemik dan resistensinya besar.

“Kami berharap KNPI tidak dikerdilkan oleh kadernya sendiri. KNPI tidak boleh eksklusif atau tertutup sebagai wadah pemersatu pemuda. Tetapi harus menjadi patron dalam dinamika berdemokrasi khususnya di kalangan pemuda,” tegasnya.

sebagai OKP, ia menegaskan SAPMA PP siap ambil bagian mengawal Musprov agar legitimasi yang dihasilkan kuat dan tidak digugat dikemudian hari.

“KNPI harus jadi rumah besar, momentum Musprov ini jadi ajang konsolidasi KNPI. Ke depan saya berharap OKP tidak hanya dijadikan objek para calon yang hanya ingin tiket berkompetisi di KNPI, namun harus ambil bagian menentukan keberlanjutan regenerasi kepemimpinan dan kaderisasi KNPI,” tandasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2658 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *