Wakil Bupati Nunukan Ajak Masyarakat Pola Hidup Sehat

benuanta.co.id, NUNUKAN – Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 58 Tahun 2022, dipusatkan di Paras Perbatasan Nunukan, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah bertindak selaku inspektur upacara, Senin 14 November 2022.

 

Nampak juga dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Nunukan, Anggota DPRD Nunukan Jaynuddin, Ketua TP PKK Nunukan Hj. Sri Kustarwati Hanafiah, Kepala OPD di lingkungan Kab. Nunukan, pimpinan instansi vertikal Nunukan, pimpinan perusahaan di wilayah Kab. Nunukan, Pimpinan BUMN Nunukan, Kepala Puskesmas se-kabupaten Nunukan, Ketua organisasi profesi tenaga kesehatan, dan tokoh kesehatan.

Baca Juga :  Bupati Laura Hadiri Rapat yang Dipimpin Mendagri Tito Karnavian Via Daring

Kata Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, saat ini pandemi Covid 19, belum berakhir kemarin saja ada 13 kasus yang terkonfirmasi, sehingga dia mengajak secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi hal tersebut, agar masyarakat di Kabupaten Nunukan dapat kembali beraktivitas dan produktif dan kembali bangkit dan kembali sehat.

Masa transisi dari pandemi ke endemi bersama negara-negara lain, Indonesia sedang meningkatkan kapasitas global untuk pencegahan, persiapan dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang.

Baca Juga :  DPMD Nunukan Harap Dua Desa Sangat Tertinggal di Nunukan Berubah Status Tahun Ini

“Ini tantangan kita, khususnya di Kabupaten Nunukan terkait kesehatan setelah fokus pada penanganan pandemi Covid 19, kini dihadapkan pada penyakit tidak menular,” kata Hanafiah.

Namun Pandemi Covid 19 telah mengajarkan bahwa tak ada satupun orang di dunia yang aman. Dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Selain itu, untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal, upaya kesehatan diselenggarakan secara terpadu dan komprehensif dalam bentuk upaya kesehatan perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat.

Baca Juga :  Pemda Nunukan Teken MoU Pemenuhan Kebutuhan SDM Bidang Transportasi Darat dengan STTD

Setiap masalah kesehatan pada umumnya disebabkan tiga faktor yang timbul secara bersamaan yaitu adanya penyakit atau pengganggu lainnya, lingkungan yang memungkinkan berkembangnya bibit penyakit dan adanya perilaku hidup manusia yang tidak peduli terhadap penyakit dan lingkungannya.

“Kita harus menjaga pola makan, dan kebersihan agar terhindar dari penyakit,” terangnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *