Sirkuit Mandalika Lulus Homologasi Grade B untuk WSBK 2022

Praya, Lombok Tengah – Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat resmi mendapatkan homologasi grade B dalam ajang WSBK Mandalika, 11-13 November 2022.

Direktur utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria dalam keterangan tertulisnya di Praya, Kamis mengatakan, sejak Kamis, (10/11) FIM atau Federasi Sepeda Motor Internasional dan Dorna selaku penyelenggara WSBK telah melintasi Sirkuit Mandalika. Mereka melihat dari sisi safety terutama bagian-bagian yang dilakukan improvement mulai dari kerb, run off dan terutama permukaan lintasan itu sendiri.

“Tim homologasi telah beberapa kali mengitari sirkuit dan melakukan simulasi timing dan mengecek permukaan lintasan dan hari ini (10/11) resmi telah dicoba,” katanya.

Baca Juga :  Jepang dan Korea Selatan Lolos ke Perempat Final

Selain itu beberapa Rider juga telah melakukan track familirization, sehingga kemudian sore tadi FIM telah mengeluarkan homologasi grade B, sehingga WSBK Mandalika 2022 bisa segera dimulai tanggal 11-13 November.

“Balapan WSBK telah bisa digelar di Sirkuit Mandalika,” katanya.

Ia mengatakan, FIM cukup memberikan homologasi grade B, karena memang requirement untuk ajang WSBK itu hanya cukup homologasi grade B. Bukan artinya homologasi MotoGP yang di mana sirkuit Mandalika mendapatkan great A dan selanjutnya itu tidak menjadi turun.

Baca Juga :  Gol Tunggal Bernardo Silva Antar Man City ke Partai Final Piala FA

Bukan berarti turun dari yang A saat MotoGP menjadi B, tidak seperti itu. Hal ini karena memang menjelang balapan FIM akan selalu mengeluarkan homologasi sehari sebelum balapan dimulai.

“Jadi karena WSBK ini hanya cukup grade B jadi FIM mengeluarkan homologasi grade B,” katanya.

Nantinya menjelang ajang MotoGP, FIM akan datang lagi memeriksa tentunya harapan MGPA adalah mendapatkan homologasi grade A untuk MotoGP. Selanjutnya kemudian terkait masukkan dari pembalap itu kemudian disampaikan kepada Dorna selaku penyelenggara ajang balapnya dan FIM selaku homologi untuk ajang roda dua.

Baca Juga :  Inter Milan Juara Serie A 2023/24 usai Menang Lawan AC Milan 2-1

Dengan FIM memberikan homologasi grade B ini artinya masukkan dari para pembalap tidak ada yang tidak baik yaitu minor saja, karena permukaannya lintasan itu masih baru. Hal ini adalah wajar belum lengket karena pembalap masih belum nyoba sirkuit dengan habis-habisan. Hanya baru satu dua motor yang super kencang yang masuk lintasan.

“Tentunya dengan berjalan waktu yang di mana besok sudah dimulai latihan bebas maka trek akan semakin membaik,” katanya. *

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *