Sidak Pelayanan di Polres Tarakan, Kapolda: Semuanya Cukup Baik

benuanta.co.id, TARAKAN – Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya turun langsung meninjau bagian pelayanan Polres Tarakan. Dalam hal ini ia memastikan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala.

“Biar tidak ada masalah, pungli, ini salah satu program pak Kapolri juga,” sebutnya saat ditemui, Rabu (9/11/2022).

Ia menjelaskan sejauh ini pelayanan Polres Tarakan berlangsung cukup baik karena menerapkan prosedur yang ada. Dalam pelayanan ini juga dibutuhkan kecepatan guna memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat.

Baca Juga :  Polda Kaltara Bersama Kanwil Dirjen Perbendaharaan Kaltara Gelar Coffee Morning

“Ujian-ujian juga sudah mulai dilaksanakan, seperti ujian SIM, memastikan bahwa mobil ini mobil yang dipanjangkan platnya untuk mengantisipasi pencurian,” jelasnya.

Adapun dalam pengecekan langsung ke bagian pelayanan ini di antaranya Pos Etle, Pelayanan SIM serta Samsat Kota Tarakan. Ia menilai dari adanya pengawasan yang pihaknya lakukan, pelayanan SIM maupun Pos Etle sendiri sudah baik.

“Ada juga saya cek tadi soal kecepatan mendatangi TKP, misal ada yang kecelakaan ya ada namanya SIP, misalnya ada kecelakaan, nanti ada bunyinya kalau emergency yang bunyi merah tapi kalau kuning itu disetting pengendara misalnya kena penipuan,” urainya.

Baca Juga :  Polda Kaltara Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran TA 2023

Jenderal bintang dua itu menegaskan hal ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang hendak melapor dengan cepat. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dengan nama SIP atau Siaga Presisi Polda Kaltara. “Kami akan buat seperti itu, ini inovasi,” tukasnya.

Disinggung soal Etle yang menyulitkan pengungkapan curanmor karena sistem yang mendeteksi plat nomor, ia menegaskan bahwa sebenarnya Etle membantu salah satunya mengatasi pungutan liar (pungli).

Baca Juga :  Selesai Jalani Hukuman di Barito Timur, Residivis Penggelapan Diciduk Ditreskrimum Polda Kaltara

“Karena anggota tidak berinteraksi langsung dengan pengendara, kemudian kalau pengendara salah otomatis kena denda tilang nah nanti ini kalau ketangkap kamera itu yang akan diberikan surat,” tutupnya.(*)

Reporter: Endah Agustina
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *