2023 SPN Polda Kaltara Mulai Beroperasi

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dalam rangka membentuk karakter dan pendidikan bagi calon polisi di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), tahun 2023 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara akan mulai dioperasionalkan.

Pasalnya, sejak terbentuk di tahun 2019 lalu, SPN yang beralamat Jalan Swadaya Desa Tanjung Lapang kecamatan Malinau Barat dengan luas kurang lebih 100 hektare belum beroperasi, hal ini dikarenakan sarana dan prasarana belum memadai.

“Sebagai informasi bahwa SPN Polda Kaltara dengan segala keterbatasannya akan dioperasionalkan pada tahun 2023,” ujar Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya kepada benuanta.co.id, Senin 7 November 2022.

Baca Juga :  Kapolda Kaltara Terima Kunjungan Silahturahmi Danlantamal XIII Tarakan

Dirinya menjelaskan direncanakan pada semester pertama dari bulan Januari hingga Juni tahun 2023, akan melaksanakan kegiatan program pelatihan fungsi sebanyak 15 kegiatan.

“Di semester 2 mulai bulan Juli sampai Desember 2023, akan melaksanakan pendidikan pembentukan Bintara Polri dengan kuota sebanyak 314 orang,” sebut Daniel Adityajaya.

Berkaca pada penerimaan anggota polri di Provinsi Kaltara, beberapa tahun belakang para siswa dikirim ke SPN polda lain untuk menjalani pendidikan, salah satunya ke SPN Polda Kaltara dan juga sempat di SPN Polda Metro Jaya.

Baca Juga :  Polda Kaltara Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran TA 2023

“Kami lakukan percepatan, sehingga meskipun dengan kondisi yang belum sempurna kami laksanakan kegiatan (pendidikan) tersebut,” tuturnya.

Irjen Pol Daniel mengatakan satu komitmen dari Polda Kaltara untuk bisa mencetak Bintara baru Polri yang berasal dari masyarakat lokal. Sehingga diharapkan dengan semangat masyarakat untuk menjaga wilayahnya sendiri tentunya lebih tinggi lagi semangatnya daripada berdinas di tempat lain.

“Ini merupakan program pendidikan dan pembentukan yang pertama dilaksanakan di SPN Polda Kaltara. Selama ini sejak tahun 2019 dilaksanakan di SPN Polda Kaltim,” ucapnya.

Baca Juga :  Warga Pesisir Minta Pendirian Pos Penjagaan, Antisipasi Peredaran Narkoba

Dia harapkan dengan beroperasinya SPN Polda Kaltara dapat membawa kemajuan seperti peningkatan profesionalisme personel dan pemenuhan personel di Polda Kaltara, termasuk pemenuhan personel di polres jajaran.

“Ini juga meningkatkan perekonomian di wilayah Provinsi Kaltara, karena setiap tahun akan ada pergerakan calon bintara bersama keluarganya sekitar 1.000 orang dari seluruh kabupaten ke SPN Polda Kaltara,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *