Wali Kota Makassar Ingatkan Waspada Varian Baru Covid-19

benuanta.co.id, Makassar – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh mengingat munculnya varian baru Covid-19 yang telah masuk di Indonesia.

“Jangan lengah meski telah ada pelonggaran kesehatan terkait covid. Saat ini varian baru Covid-19 diidentifikasi telah masuk di Indonesia. Olehnya itu mari tetap menjaga kesehatan tubuh, tingkatkan stamina dan jaga kebersihan diri,” kata Danny kepada jajaran SKPD Pemkot Makassar di Halaman Kantor Balai Kota, Senin kemarin (31/10).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1573 votes

Kendati kata dia, penyebaran varian Omicron XBB yang begitu cepat. Sehingga Wali Kota Makassar dua periode ini menekankan agar memperhatikan protokol kesehatan.

“Karena penyebarannya begitu cepat, maka sebaiknya protokol kesehatan lebih diperhatikan. Gunakan masker dan pastikan kondisi tubuh sehat. Jika merasa ada gejala yang tidak biasa, sebaiknya segera ke Puskesmas maupun rumah sakit terdekat,” pesan Wali Kota berlatar belakang arsitek ini

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengumumkan tambahan tiga kasus konfirmasi positif sub varian omicron XBB. Kasus tersebut merupakan transmisi dari dalam negeri dan luar negeri.

“Pasien semuanya bergejala ringan seperti batuk dan pilek. Tapi semua pasien sudah sembuh dan mereka hanya melakukan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril dikutip dari laman resmi Kemenkes, Selasa, (1/10).

Dari 4 pasien, 3 di antaranya berlokasi di DKI Jakarta dengan 2 pasien transmisi lokal dan 1 pasien transmisi luar negeri. Sisanya 1 pasien lagi berlokasi di Surabaya dengan transmisi luar negeri.

“Dengan demikian pasien konfirmasi XBB ini terdapat 2 pasien transmisi luar negeri dari Singapura dan 2 pasien transmisi lokal,” ucap dr. Syahril.

Meski varian baru XBB cepat menular, namun fatalitasnya tidak lebih parah dari varian Omicron. Kendati demikian, negara belum bisa dikatakan aman dari pandemi COVID-19. Sebab berbagai mutasi varian baru masih berpotensi terus terjadi.

Dikatakan dr. Syahril, masyarakat diharapkan tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun, serta melakukan testing apabila mengalami tanda dan gejala COVID-19.(*)

Reporter: Akbar

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *