Seorang Anak di Sulsel Meninggal Dunia, Diduga Alami Gagal Ginjal Akut

benuanta.co.id, Makassar – Seorang anak berusia di bawah 5 tahun asal Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan diduga meninggal dunia karena gagal ginjal akut di RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar.

Hanya saja untuk memastikan itu disebabkan obat sirup atau bukan, pihak terkait masih melakukan tindak lanjut.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Rosmini Pandin mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil penelitian yang dilakukan rumah sakit.
Apakah disebabkan Akut Progresif Atipical/Acute Kidney Injury (AP-AKI) atau bukan.

“Oktober dua kasus, dengan rincian satu meninggal, satu rawat di RS Parepare. Satu yang didiagnosa AP-AKI yaitu yang dari Lutim (yang meninggal dunia),” katanya melalui keterangan tertulis yang dikutip, Senin (24/10).

Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Sulsel Ardadi menyebutkan, pihaknya masih akan melengkapi data penyelidikan epidemilogi (PE) untuk beberapa kasus.

Kendati demikian, kata Ardadi, pihaknya enggan berkomentar terkait penyebab kasus tersebut, apakah dikarenakan mengkonsumsi obat sirup atau bukan.

“Menjadi ranah BPOM dan institusi pengujian dan penelitian. Terus berkonsultasi dengan dokter ketika mendapati anak-anak kita terserang gejala penyakit,” pintanya.

Ardadi juga mengimbau para orang tua, agar segera membawa anak ke rumah sakit terdekat, apabila mendapati gejala-gejala pada anak. Seperti demam tiga sampai lima hari, batuk pilek, mual dan muntah, serta pengurangan volume air seni atau bahkan tidak buang air seni sebagaimana biasanya.(*)

Reporter: Akbar

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *