Pelajar di Nunukan Diminta Tingkatkan Prestasi Non Akademik Lewat Seni Budaya

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Nunukan memberikan karakter kebangsaan kebudayaan daerah kepada pelajar, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal itu dilakukan lantaran melihat kondisi di era digital saat ini, yang terus berkembang setiap harinya. Pelajar cenderung melihat aspek modernisasi berdasarkan aktivitas yang mengadopsi dari luar.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1570 votes

Kepala Bidang Ketenagaan Kurikulum Sastra dan Perizinan Dinas Pendidikan, Asnawi mengatakan wilayah perbatasan Kalimantan Utara khususnya di Kabupaten Nunukan sudah memiliki tari-tarian daerah jadi itu adalah khas bangsa.

Baca Juga :  1.500 Paket Sembako untuk Honorer dan Dhuafa di Nunukan

“Kita harus terus mendorong atau mengasah anak-anak muda atau generasi kita untuk lebih baik lagi,” kata Asnawi kepada benuanta.co.id, Selasa (11/10/2022).

Lanjut dia, dengan tari-tarian daerah ini juga bisa mengasah kemampuan siswa-siswi untuk meningkatkan prestasi dalam bentuk non akademik. Sehingga harus memperkuat Hasana bangsa, dan karakter mereka adalah warisan bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Laura Salurkan Bantuan Sembako ke Masyarakat Kurang Mampu

“Mereka harus mengenal budayanya, dengan membuat lomba tari khas daerah yang diselenggarakan Dinas pendidikan saat ini tentu bisa membuka pola pikir mereka dan tau sejarah daerah Nunukan,” ujarnya.

“Jadi ini bukan soal tandingannya saja yang berdurasi singkat, tapi selama dia latihan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengenal gerakan tari dan alur cerita dari seni budaya tarian tersebut,” tambahnya.

Baca Juga :  Usulan Musrenbang se-Kecamatan Nunukan Telah Terinput di SIPD

Asnawi berharap, bagi generasi muda agar tidak sampai melupakan budaya, jadikan lomba tarian ini sebagai sarana meningkatkan prestasi non akademik. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *