Berbagi Peran Saling Menjaga Kamtibmas

Nicky Saputra/benuanta.co.id

DI era serba digital saat ini, masyarakat luas akan lebih mudah mendapatkan informasi – informasi dari sosial media (sosmed) secara liar. Tentu informasi yang belum akurat tersebut dapat dengan mudah menciptak situasi yang kurang kondusif di suatu daerah.

Meluruskan informasi yang sumbang bukanlah hal yang mudah. Khalayak banyak akan cepat terpengaruh dengan berbagai konten informasi yang belum bisa dipertanggungjawabkan. Cara berfikir orang – orang akan cepat berubah – ubah mengenai suatu informasi. Tak ada penawar lain, selain kembali menyebarluaskan informasi yang berdata dan fakta.

Hoax (kabar bohong) paling sering didengungkan pihak – pihak tertentu. Begitu hoax mengambang di permukaan, publik akan lebih mudah mencernanya ketimbang informasi valid yang disebarkan dari portal – portal terpercaya. Maka, timbul berbagai spekulasi yang tidak jarang mencederai keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sejak berdiri Januari 2018 silam, Polda Kalimantan Utara (Kaltara) terus melakukan pembembenahan dalam hal menjalankan tugas dan fungsi sebagai pemelihara keamanan, ketertiban masyarakat, penegak hukum, perlindungan, pengayom, dan pelayanan masyarakat. Begitu juga dengan Bidang Humas Polda Kaltara yang secara berkelanjutan menjalankan kinerjanya dalam ikut serta memelihara Kamtibmas di Kaltara.

Meski baru berusia 4 tahun, namun Humas Polda Kaltara mampu menciptakan gebrakan informasi positif kepada publik. Terlebih kepada insan pers dari berbagai industri media di Kaltara. Di era yang serba digital saat ini, Humas Polda Kaltara hadir dengan dekat secara langsung kepada insan pers yang juga merupakan pencari dan penyebar informasi.

Baca Juga :  Era Digitalisasi Bagi Generasi Milenial : Penggunaan Media Komunikasi Bagi Generasi Milenial

Edukasi dan informasi yang terus diberikan kepada insan pers di Kaltara cukup mampu berperan dalam hal Kamtibmas. Saling topang – menopang dalam informasi inilah sehingga tumbuh rasa solidaritas bersama, untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas.

Terhadap pers, Polda Kaltara memberikan ruang yang cukup spesial. Organisasi pers di mana tempat bernaungnya para wartawan memperjuangkan profesi, juga menjadi ruang bagi Humas Polda Kaltara untuk berbagi pengalaman dalam hal menjaga Kamtibmas di Kaltara.

Begitu juga sebaliknya, dengan adanya rasa perhatian kepada profesi yang diberikan Humas Polda Kaltara, insan pers hingga hari ini merasa nyaman dan dilayani dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan MoU yang dijalankan dan terus dirawat oleh keduanya, beberapa tahun terakhir.

“Secara umum, sejauh ini tidak ada hal – hal yang menunjukan isu negatif terhadap Polda Kaltara. Semuanya masih dalam batas kewajaran. Hubungan kami (Polda Kaltara) dengan insan pers sangat baik,” terang Kombes Pol. Budi Rachmat, S.I.K,.M.Si kepada benuanta.co.id.

Ia pun tak memungkiri hubungan yang terjalin baik dengan insan pers di Kaltara, bidang humas yang dipimpinnya mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya penulisan informasi kegiatan yang sering diagendakan Polda Kaltara.

Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltara, H Rahmat Rolau pun mengapresiasi peran Humas Polda Kaltara selama ini. Kata pria yang dua kali memimpin DKP PWI Kaltara itu, insan pers tak hanya mendapatkan perhatian yang cukup spesial. Namun juga diberikan ruang dan waktu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya sebagai wartawan.

Baca Juga :  Era Digitalisasi Bagi Generasi Milenial : Penggunaan Media Komunikasi Bagi Generasi Milenial

“Saya boleh bilang salut dan bangga kepada pihak manapun di Kaltara yang bersedia diminta konfirmasi oleh wartawan di mana dan jam berapa pun. Sebab – sebab inilah yang menjadi dasar tumbuhnya kepercayaan di kalangan masyarakat. Narasi yang tepat dari informasi yang tepat,” tuturnya.

Hal ini tak terlepas dari peran Humas Polda Kaltara yang kerap kali mendapatkan konfirmasi di luar jam – jam kerja. Sehingga, hal tersebut berdampak langsung dengan kamtibmas di Kaltara. Sebab, informasi yang tersebar di jagat sosmed dengan cepat diluruskan dari berbagai media yang telah mendapatkan informasi yang valid.

“Saya rasa ini akan menjadi citra yang baik untuk keduanya. Baik itu kepolisian maupun insan pers di Kaltara. Harus saling bahu – membahu dalam melawan kabar bohong. Semoga ini terus berjalan agar makin tumbuh rasa saling percaya yang baik di kalangan masyarakat Kaltara,” sebutnya.

Tak sampai di situ, beberapa warga Kaltara yang diwawancarai benuanta.co.id pun merasa nyaman dengan adanya informasi yang bisa dipercaya. Di antaranya salah seorang warga Kabupaten Bulungan, Tony mengatakan kabar bohong di sosmed selalu menjadi perhatian utama. Ketika ingin mencari informasi yang tepat, masyarakat sudah lebih dulu tidak lagi percaya dengan informasi yang disajikan di portal berita.

Baca Juga :  Era Digitalisasi Bagi Generasi Milenial : Penggunaan Media Komunikasi Bagi Generasi Milenial

“Apa – apa dikira kabar bohong. Kita sulit percaya karena lambat sekali informasi yang disiarkan teman – teman media. Beberapa kasus yang terjadi di Kaltara beberapa waktu lalu, saya baca – baca berita Humas Polda hadir di dalamnya. Saya sebagai masyarakat percaya, karena dari sumber yang bisa dipercaya,” beber Tony.

Senada dengan Tony, salah seorang warga Tarakan, Firman pun mengaku demikian. Ia tak lagi risau dengan pemberitaan terkait Polri di Kaltara lantaran adanya kedekatan wadah profesi insan pers dengan Humas Polda Kaltara.

“Dekat bukan berarti main mata loh ya. Kita sudah tau fungsi masing – masing. Wartawan butuh narasumber dan Polda Kaltara harus menjaga kamtibmas. Beberapa kejadian di Kaltara, jika lambat saja informasi yang disebarkan Polda dari beberapa media di Kaltara, bisa saja masyarakat terbuai dengan isu yang belum tentu kebenarannya,” terang Firman.

Bagi insan pers dalam menjaga kamtibmas di Kaltara, penyebaran informasi yang tepat dan cepat merupakan suatu pondasi yang harus dibangun antar lembaga. Sebagaimana pentingnya peran Polri, begitupun dengan insan pers yang melengkapinya dengan penyebaran informasi agar tercipta kamtibmas yang dicita – citakan bersama. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =