BPIW Jaring Data dan Informasi untuk Pengembangan Infrastruktur Daerah 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Wilayah I melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) selama 3 hari, dimulai dari hari Rabu 5 Oktober hingga Jumat 7 Oktober 2022. Hal itu dalam rangka melakukan identifikasi potensi wilayah, infrastruktur, serta isu strategis Provinsi Kaltara.

Kunker BPIW I ini langsung didampingi oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara. Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Perkim Kaltara, Erni selaku koordinator lapangan yang mendampingi kunjungan kerja tim menjelaskan bahwa kunjungan atau survei dan pengumpulan data tersebut dimaksudkan untuk mengidentifikasi potensi wilayah, infrastruktur, serta isu strategis Provinsi Kaltara.

Baca Juga :  Serap Anggaran Pusat untuk Pembangunan Kaltara

Nantinya data tersebut akan digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka pembangunan infrastruktur di Kaltara.

“Saat ini pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR sedang mempersiapkan data dan informasi untuk penyusunan dokumen Rencana Pengembangan Infrastruktur Wilayah I. Oleh karena itu, momentum ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh daerah dengan cara memberikan data dan informasi yang akurat sesuai fakta di lapangan” ucap Erni kepada benuanta.co.id, Sabtu 8 Oktober 2022.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa giat tersebut juga untuk melihat sejauh mana progress Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Kaltara serta apa dukungan yang dapat diberikan oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga :  Serap Anggaran Pusat untuk Pembangunan Kaltara

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pemprov Kaltara melibatkan Dinas PUPR Perkim, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kaltara dan Dinas Perhubungan Kaltara untuk mendampingi tim pusat.

“Pemprov melalui Dinas PUPR-PERKIM telah menyampaikan sejumlah usulan kegiatan kepada Kementerian PUPR dan mereka turun ke lapangan untuk memastikan kesiapan daerah berdasarkan Readiness Criteria yang kita sampaikan dan telah kita bahas dalam beberapa pertemuan sebelumnya,” jelasnya.

Dia menambahkan untuk kegiatan BPIW I selama 3 hari di Kaltara melakukan pendataan di beberapa daerah di antaranya pada Rabu 5 Oktober 2022 meninjau beberapa proyek yang dilaksanakan di Tarakan.

Baca Juga :  Serap Anggaran Pusat untuk Pembangunan Kaltara

Lalu Kamis 6 Oktober 2022, tim ke PSN KIHI Tanah Kuning Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur dan Jumat 7 Oktober 2022 masih melanjutkan untuk meninjau beberapa lokasi di Bulungan dan juga di Kabupaten Tana Tidung (KTT).

“Mungkin untuk kesempatan berikutnya akan berkunjung ke Malinau dan Nunukan. BPIW ini di Kementerian PUPR merupakan unit yang mengkoordinasikan perencanaan antar direktorat PUPR agar bisa sinergi. Kita berharap dari hasil kunjungan ini bisa meyakinkan Kementerian PUPR untuk mengalokasikan lebih banyak kegiatan di Kaltara ke depan, tentunya yang bersifat strategis”, pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *