Bangun Dome Sport Center, Pemprov Ajukan Proposal ke Kemenpora

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tidak hanya membangun potensi individu maupun cabang olahraga (cabor). Namun berencana membangun sarana dan prasarananya, seperti yang diwacanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltara untuk membangun Dome Sport Center (DSC) di kawasan Kota Baru Mandiri (KBM).

Kepala Dispora Kaltara, Obed Daniel Lumban Tobing mengatakan dalam pembangunan DSC ini sendiri dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) akan berat tanpa bantuan dana dari luar.

“Oleh karena itu kita akan mencoba mencari peluang misalnya APBN atau anggaran yang berasal dari Kemenpora,” ucap Obed Daniel kepada benuanta.co.id, Kamis 6 Oktober 2022.

Kata dia, di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan peluang terkait bantuan anggaran. Sehingga pihaknya memanfaatkan peluang tersebut untuk melakukan pengajuan anggaran.

Baca Juga :  Diimbangi Cagliari, Inter Butuh Dua Kemenangan lagi untuk Scudetto

“Kemarin kita coba ajukan proposal ke sana dan kita dibantu oleh teman-teman PUPR Perkim Kaltara untuk membuatkan RAB, DED dan gambar. Anggaran yang kita ajukan dalam proposal itu sekitar Rp 56 miliar,” sebutnya.

Dirinya berharap proposal itu tembus dan disetujui Kemenpora. Obed Daniel mengatakan, salah satu syarat untuk pengajuan anggaran itu adalah masalah legalitas lahannya. Dimana kini telah ada disiapkan dan telah bersertifikat.

Baca Juga :  PSG Bangkit dan Balikkan Keadaan Setelah Hajar Barcelona 4-1

“Jadi proyek APBN itu salah satu syaratnya harus bisa menunjukkan legalitas lahannya atau bersertifikat,” jelasnya.

Jika disetujui, maka pembangunannya sudah bisa dilaksanakan di tahun 2023. Lahan yang disiapkan untuk DSC ini sekitar 11,5 hektare yang berada di KBM.

“Ini menjadi pusat olahraga dan ikon olahraga di provinsi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *