Ini Sederet Program Pembangunan Dinas PUPR Perkim Kaltara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Bidang Cipta Karya, hingga akhir 2022 tengah fokus melakukan beberapa agenda.

Salah satunya yakni pengembangan Kota Baru Mandiri (KBM) di wilayah Gunung Seriang kini dikebut. Hal ini dilakukan, sebelum Instruksi Presiden (Inpres) KBM di tahun 2023 berakhir.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Jadi kami mempercepat pembangunan infrastruktur yang ada di KBM termasuk itu kantor DPRD dan instansi vertikal juga kami pacu,” ucap Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara Datu Iman Suramenggala, melalui Kabid Cipta Karya, Ayub Reydon Lumban Tobing kepada benuanta.co.id, Rabu 5 Oktober 2022.

Instansi vertikal yang direncanakan untuk terbangun di antaranya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), Balai Wilayah Sungai (BWS), Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK), Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) dan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan.

Baca Juga :  Ratusan Kuota Pelatihan Tenaga Konstruksi Dibuka Tahun Ini

“Jadi ada 5 balai dari Kementerian PUPR, terus Balai POM. Sebagian itu banyak kita lagi proses NPHD atau penyerahan sertifikat seperti kepada Kejati, lalu Poltekkes juga menyusul nanti. Kemudian ada perumahan itu yang sedang berjalan,” paparnya.

Masih di wilayah KBM, pihaknya juga akan membangun rumah jabatan (Rumjab) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara serta rumjab Ketua DPRD, kini dalam tahap perencanaan. Begitu juga dengan pembangunan kantor Bawaslu dan KPU Kaltara kini hampir selesai perencanaannya dan tahun depannya bisa lanjut pada pembangunan fisik.

“Kemudian di KBM ini kami ada jalan sepanjang 7 kilometer kami urus supaya diserahterimakan kepada BPJN agar kita bisa membuat Row jalannya 30 meter. Karena itukan jalan poros utama,” jelasnya.

Baca Juga :  Kebutuhan Tenaga Ahli Konstruksi Dipetakan Secara Berkala

Ayub Reydon menyebut di KBM juga akan dibangun Diklat Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia, selain itu Bidang Cipta Karya juga tengah menyelesaikan gedung kantor Gubernur tahap ke 8.

“Kita saat ini juga melakukan pembangunan kantor TVRI Kaltara,” bebernya.

Lalu di luar Kabupaten Bulungan pihaknya melaksanakan bantuan rehab kantor vertikal di antaranya kantor kepolisian, kejaksaan yang ada di Malinau, Nunukan dan Tarakan.

“Tahun ini kita menjajaki membantu Polda Kaltara dalam membangun SPN di Malinau, berupa pendampingan dan pembangunan. Di Tarakan kami ada bantu Binda Kaltara untuk pembangunan pagar,” katanya.

Untuk pembangunan SPN Polda Kaltara ini, pihaknya mengajak beberapa balai Kementerian PUPR untuk membantu melakukan pembangunannya. Bidang Cipta Karya PUPR Perkim Kaltara juga berupaya melakukan pembangunan asrama mahasiswa di Sumbawa.

Baca Juga :  Pengerjaan Item Pendukung Gedung Setprov Kaltara Dilanjutkan 

“Ada juga kami membuat penyusunan rencana induk penyelenggaraan sarana dan prasarana persampahan Provinsi Kaltara,” ujar Ayub.

Dalam mendukung pelaksanaan pekerjaan yang ada, pihaknya juga akan membangun lahan workshop PUPR Perkim Kaltara yang terletak di kawasan KBM.

“Fungsinya nanti sebagai gudang, laboratorium dan tempat alat berat kami dan logistik ketika ada terjadi bencana untuk membantu BPBD,” terangnya.

Selain itu, saat ini telah dibebaskan lahan untuk pusat pemerintahan sekitar 600 hektare. Lalu toko Indonesia yang dibangun di Krayan sudah selesai, yang ditunggu saat ini adalah serah terima apakah nantinya ke Disperindagkop Kaltara atau ke Pemerintah Kecamatan Krayan.

“Kami berharap cepat diserahterimakan, agar cepat difungsikan. Karenakan biaya listrik dan airnya masih kami tanggung sekarang,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *