KPU Nunukan: TPS Pemilu 2024 Berpotensi Bertambah

benuanta.co.id, NUNUKAN – Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) triwulan ketiga mengalami peningkatan sebanyak 123.541 pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memprediksi jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) berpotensi bakal bertambah.

Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Nunukan, Mardi Gunawan mengatakan potensi penambahan TPS tersebut melihat jumlah DPB yang mengalami peningkatan.

“Sejauh ini untuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) nantinya akan diterima 16 bulan sebelum pemungutan suara,” ujar Mardi kepada benuanta.co.id.

Dijelaskannya, DP4 tersebut akan diterima pada Oktober 2022 mendatang, yang mana dari Dirjen Disdukcapil melalui KPU RI lalu diteruskan ke KPU Nunukan.

Baca Juga :  Ke Malaysia Secara Ilegal Masuk Indonesia Jalur Resmi, Akhirnya Berurusan dengan Imigrasi Nunukan

Sehingga data yang akan diterima oleh pihaknya akan disusun untuk Daftar Pemilih (DP).

“Tapi untuk prosesnya, itu masih cukup panjang, karena data tersebut harus disinkronkan dulu,” katanya.

Dikatakannya, untuk jumlah setiap TPS  berdasarkan penyampaian dari atasannya, nantinya ada sekira 300 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ia juga mengatakan, potensi penambahan TPS lantaran, untuk Pemilu 2024 mendatang itu terdiri dari lima pemilihan, sehingga Mardi menilai tentunya akan ada kerumitan baik dari proses rekap dan penghitungan suara.

Baca Juga :  Rencana Kenaikan Status Kelas Imigrasi Nunukan dapat Lampu Hijau

“Kita hitunglah, jika nanti 500 pemilih per TPS, jika dikalikan 5 maka ada sekitar 2.500 suara yang harus dihitung, tentu ini akan menimbulkan kerumitan,” sebutnya.

Mardi menjelaskan, jika berdasarkan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) jumlah TPS yakni 548 dengan jumlah 500 pemilih.

“Untuk Pemilu 2024 mendatang, setiap TPS itu akan diisi oleh 300 pemilih, jadi data dari PDPB akan dikelola kembali. Tentunya dengan begini akan ada penambahan TPS pada Pemilu 2024 mendatang,” jelasnya.

Baca Juga :  Gegara Bakar Ranting, Lahan Seluas 1 Hektare di Desa Binalawan Terbakar

Sementara untuk jumlah TPS yang akan ditambah, Mardi mengatakan ada sekitar 200 hingga 200 lebih TPS. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *