PT. Idec Abadi Wood Industries Jadi Contoh Perusahaan Patuh Pendaftaran dan Pembayaran Iuran JKN

benuanta.co.id, TARAKAN – Setiap perusahaan berkewajiban untuk memenuhi hak dasar pekerjanya atas jaminan sosial baik jaminan kesehatan maupun keselamatan kerja. Dalam hal jaminan kesehatan, perusahaan wajib menjaminkan perlindungan kesehatan pekerjanya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS kesehatan.

Adalah PT. Idec Abadi Wood Industries merupakan salah satu perusahaan di Kota Tarakan yang mempercayakan jaminan kesehatan karyawannya melalui Program JKN dan menjadi contoh perusahaan yang disiplin dalam melakukan pembayaran iuran JKN. Sebagai bentuk apresiasi, BPJS Kesehatan Cabang Tarakan melakukan kunjungan ke perusahaan ini pada Rabu (28/09).

“Kunjungan ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT Idec Abadi Wood Industries atas peran sertanya yang proaktif dalam memastikan seluruh pekerjanya terdaftar sebagai Peserta JKN serta melakukan pembayaran tepat waktu sebelum tanggal 10 setiap bulannya,” kata Susilawati, Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta.

Susilawati menambahkan, selain bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih, BPJS Kesehatan rutin melakukan kegiatan serupa dalam rangka membina hubungan kemitraan dengan perusahaan sebagai Peserta JKN sembari berkoordinasi terkait pelayanan yang diterima.

“Sejauh ini kami berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan koordinasi aktif dan penanganan keluhan melalui Relationship Officer dan Staf Penanganan Pengaduan Peserta di Kantor Cabang kepada seluruh badan usaha yang terdaftar dalam Program JKN termasuk dengan PT. Idec Abadi Wood Industries. Harapannya hubungan kerja sama yang baik dengan PT. Idec Abadi Wood Industries dapat terus terjalin kedepannya,” ungkap Susilawati.

Baca Juga :  Polisi Kejar Terduga Pelaku Pemerasan Anggota Dewan 

Pada kegiatan tersebut, Setiawan, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan berkesempatan menyampaikan informasi terkait pelaksanaan Program Donasi JKN. Program Donasi JKN merupakan program yang melibatkan partisipasi masyarakat baik perorangan, badan hukum atau lembaga yang bertujuan untuk mewujudkan kepedulian kepada masyarakat di lingkungan sekitar dengan mendaftarkan dan membayarkan iurannya ke dalam Program JKN.

“Saat ini terdapat 2 program yang berjalan yaitu program donasi untuk pendaftaran peserta baru dan crowdfunding untuk pengaktifan peserta menunggak. Perusahaan diharapkan dapat mensinergikan anggaran Corporate Social Responsibity (CSR) yang dimilikinya untuk mendaftarkan dan membayarkan iuran masyarakat di lingkungan sekitarnya ke dalam Program JKN sesuai jangka waktu yang telah disepakati,” terang Setiawan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Yanuar Ajie Swandana, ikut hadir menyampaikan informasi terkait pemanfaatan Mobile JKN Kepada PT. Idec Abadi Wood Industries dalam upaya mempermudah pengurusan administrasi kepesertaan JKN.

Baca Juga :  Bawaslu Kaltara Gandeng PTTUN Sosialisasikan Sengketa dan Pelanggaran Pilkada

“Dengan menggunakan Mobile JKN, peserta tidak perlu lagi datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan. Di Mobile JKN sudah tersedia banyak fitur yang dapat membantu pengurusan administrasi kepesertaan JKN. Kami siap, apabila terdapat perusahaan yang ingin kami sosialisasikan secara langsung terkait penggunaan dan manfaat aplikasi ini,” tuturnya.

Kunjungan ini juga merupakan agenda khusus sinergi tiga bidang di BPJS Kesehatan yang mengelola pelayanan kepesertaan bagi badan usaha yang diharapkan kedepannya akan semakin baik, khususnya dalam memberikan service excellent kepada badan usaha di kota tarakan sebagai Peserta JKN.

Sementara itu, Arif B. Silaban, Kepala Bagian HRD PT. Idec Abadi Wood Industries menyambut baik kunjungan BPJS Kesehatan Cabang Tarakan dan apresiasi yang diberikan kepada PT. Idec Abadi Wood Industries dalam mendukung pelaksanaan Program JKN.

“Koordinasi dengan BPJS Kesehatan Tarakan sudah berjalan dengan baik sampai saat ini. Tidak terlalu banyak kendala atau keluhan. Kami juga berupaya untuk selalu patuh dalam hal pendaftaran dan pembayaran iuran tepat waktu agar karyawan tidak terhambat jika ingin menggunakan kartu JKN nya untuk berobat,” tutur Arif.

Baca Juga :  Dinsos Tarakan Kucurkan Rp 10,2 Miliar Bayar Iuran BPJS Kesehatan untuk Masyarakat Kurang Mampu

Selanjutnya Arif mengungkapkan bahwa perusahaan sangat mendukung adanya Program JKN. Dengan program ini, perusahaan tidak perlu lagi khawatir atas jaminan kesehatan karyawannya karena semua sudah terkelola dengan baik melalui program JKN. Pihaknya hanya perlu memastikan kepesertaan semua karyawan dan anggota keluarganya aktif dan membayarkan iuran selalu tepat waktu.

“Kami sangat setuju dengan adanya Program JKN  ini. Selain membantu perusahaan, juga memastikan karyawan agar tidak lagi khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan saat berobat. Tentunya dengan prinsip gotong royong, dimana program ini memiliki tujuan yang mulia yaitu saling membantu kepada yang membutuhkan,” katanya.

Sebagai tambahan informasi, PT. Idec Abadi Wood Industries telah terdaftar sejak tahun 2014. Terhitung sampai dengan bulan September 2022, sebanyak 1.695 karyawan dengan total sebanyak 4.131 beserta seluruh anggota keluarga sudah memiliki jaminan kesehatan dalam Program JKN. (adv/oki)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2654 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *