Relawan Presiden Jokowi akan Gelar Musra II di Makassar, Agendanya soal Pilpres

benuanta.co.id, MAKASSAR – Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari berbagai elemen akan menggelar musyawarah rakyat (Musra) ke II awal bulan depan yang dipusatkan di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Agenda Musra II ini untuk menentukan arah dukungan para relawan di Pilpres 2024. Musra II ini bakal dihadiri langsung Presiden Jokowi dan puluhan ribu relawan yang digelar di di Celebes Convention Center (CCC), Minggu 2 Oktober 2022.

Ketua Panitia Musra II Relawan Jokowi, Herwin Niniala mengatakan, sebanyak 18 elemen relawan yang tergabung dalam Musra tersebut. Mengingat Musra ini merupakan tindak lanjut dari musyawarah rakyat relawan Jokowi di Kota Bandung, Jawa Barat, akhir Agustus lalu.

Musra II tidak menyodorkan nama tertentu untuk didukung, melainkan memberi kesempatan kepada relawan untuk menentukan arah pilihannya. Sehingga Musra II nanti diterapkan sistem voting, setiap relawan diberi keleluasaan menentukan figur yang dianggap mampu melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Baca Juga :  MUI Sulsel Keluarkan Maklumat Tentang Busur, Ini Poinnya 

“Jadi nanti ada scan barcode di handphone. Di situ akan keluar pertanyaan-pertanyaan, pemimpin yang layak melanjutkan Presiden Jokowi. Mirip e-voting lah,” kata Herwin.

Dengan begitu, pihaknya mengundang secara terbuka masyarakat Sulawesi Selatan di 24 Kabupaten dan Kota untuk hadir di Musra II tersebut. Siapa saja bisa datang tanpa melihat latar belakang.

Langkah tersebut merupakan bagian dari partisipasi politik. Apalagi kata dia, Sulawesi Selatan merupakan provinsi terbesar di kawasan Timur Indonesia dan kerap menjadi barometer perpolitikan di kancah nasional.

“Masyarakat Sulsel bisa datang ke CCC secara langsung, kita lakukan musyawarah untuk memikirkan siapa pemimpin penerus masa depan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ketua Projo Sulsel ini menegaskan, bahwa Musra II ini pihaknya tidak mengundang secara khusus partai politik. “Boleh datang tapi identitasnya dikesampingkan. Musra nanti tidak boleh ada nuansa partai politik. Atribut partai, seperti bendera dan baliho di sekitar Musra juga tidak boleh,” tegasnya.

Baca Juga :  Penyandang Disabilitas Bisa Menjadi Penyelenggara Pemilu di 2024

Disinggung terkait apakah relawan Presiden Jokowi memprioritaskan figur internal PDI Perjuangan untuk didukung di Pilpres nanti, Herwin mengaku, tetap melihat keinginan relawan dan masyarakat.

Di mana Presiden Jokowi merupakan kader PDI Perjuangan dan sejauh ini dua figur dari parpol berlambang kepala banteng moncong putih ini menguat di Pilpres. Yakni Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo.

“Jadi nanti siapapun nama yang diinginkan relawan dan masyarakat di Musra sebagai penerus Presiden Jokowi, itu yang kita usulkan,” tukasnya. Sembari membantah terkait isu bahwa Musra II ini diperuntukkan mendeklarasikan jabatan 3 periode untuk Presiden Jokowi.

Diketahui Musra I relawan Presiden Jokowi telah digelar di Kota Bandung, Jawa Barat akhir Agustus lalu. Adapun hasil voting capres-cawapres pilihan relawan memunculkan sejumlah nama. Termasuk nama Presiden Jokowi kembali diusulkan.

Baca Juga :  Kenaikan Upah Minimum 10 Persen di Sulsel, Akan Diumumkan Disnaker Akhir November

Relawan juga mengusulkan nama Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo sebagai Capres. Sementara cawapres ada Ridwan Kamil, Airlangga Hartarto dan Erick Thohir di posisi tiga besar.

Dalam sambutannya di Musra I, Presiden Jokowi angkat bicara soal isu 3 periode yang menegaskan bahwa melabrak konstitusi.

“Konstitusi tidak membolehkan. Sudah jelas itu. Saya akan selalu taat pada konstitusi dan kehendak rakyat. Saya ulangi, saya akan taat konstitusi dan kehendak rakyat,” kata Jokowi di Musra I para relawan.(*)

Berikut 18 Elemen Relawan Jokowi Hadir di Musra II di Makassar:

1. Projo
2. Seknas Jokowi
3. Bara JP
4. Relawan Buruh Sahabat Jokowi
5. GK Center
6. Almisbat
7. RPJB
8. Duta Jokowi
9. Kornas Jokowi
10. RKIH
11. JAMAN
12. GAPURA
13. Indeks
14. KIB
15. Sekber Jokowi Nusantara
16. KA-PT
17. Maluku Satu Hati
18. Alumni Trisakti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × five =