Pemerintah Daerah Dorong Penguatan UMKM di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Nunukan sangat mendukung langkah Pemerintah Pusat dalam memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), mengingat UMKM di Nunukan telah menyerap banyak sekali tenaga kerja.

Dikatakan Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah jumlah UMKM di Nunukan hampir mencapai 13.000, sedangkan koperasi sekira 300 jadi ini adalah penggerak pembangunan perekonomian di Kabupaten Nunukan, yang tidak disadari bahwa itu bisa menyerap tenaga kerja.

“Jika 10.000 UMKM di Nunukan ini berjalan dan bisa menyerap tenaga kerja misalnya tiga orang atau dua orangg itu berarti ada 20.000 orang yang bisa kita bantu dari kegiatan UMKM kita,” kata H. Hanafiah, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga :  Terima Bantuan Permakanan dari Kemensos, 56 Lansia di Nunukan Jalani Uji Coba

Pemerintah sekarang sedang menggalakkan UMKM agar bisa berkembang, bahkan harapannya bisa masuk ke dunia usaha yang global, dibantu dengan kecanggihan teknologi saat ini, dengan cara mempromosikan usahanya. Jadi ini merupakan satu terobosan.

Kegiatan UMKM tidak lagi perlu italase buka toko, konter dan lain sebagainya. Cukup di rumah saja yang cukup efektif untuk memasarkan produk mereka dengan sosial media yang mereka miliki.

Baca Juga :  Guru Perbatasan di Krayan Dapat Kejutan dari Satgas Pamtas

“Kegiatan kita ini tidak bisa dibatasi lagi, bahkan produk kita bisa sampai ke mancanegara, jika itu dipasarkan ke dunia maya. Kita harus berkompetisi bagaimana cara kita mengembangkan produk kita agar produk bisa masuk di pasar regional, nasional, maupun internasional,” jelasnya.

Pemerintah memperkuat UMKM dan koperasi agar secara kontinyu terus berjalan, sehingga inflasi dampak adanya kenaikan harga BBM bersubsidi dapat diminimalisir.

Baca Juga :  Ngaku Jenguk Nenek di Sulsel, WNA Masuk Indonesia Secara Ilegal

Menurutnya, jika langkah pemerintah mendorong UMKM di Nunukan agar berorientasi ekspor, menjadi sebuah kesempatan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

“Kita yakin, dari sekian banyak UMKM yang ada di Nunukan, tidak sedikit yang mampu menghasilkan produksi yang layak dipasarkan di mancanegara. Terlebih lagi jaringan transportasi dari Nunukan ke luar negeri kian terbuka, sehingga peluang melakukan ekspor semakin besar,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + 3 =