Jumlah Penduduk Meningkat, Kursi Parlemen Nunukan Potensi Bertambah

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kuota kursi parlemen Nunukan diprediksi akan mengalami penambahan pada kontestasi Pemilu Tahun 2024 mendatang. Hal itu setelah adanya penambahan jumlah penduduk yang dirilis oleh Disdukcapil Nunukan belum lama ini.

Berdasarkan rekapitulasi data penduduk dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Nunukan, saat ini telah terjadi penambahan jumlah penduduk yang mana per 30 Desember penduduk Nunukan berjumlah 194.119 jiwa, kini per Juli 2022 bertambah menjadi 200.138 jiwa penduduk, sehingga dengan bertambahnya jumlah penduduk tersebut akan memberikan korelasi terjadinya penambahan kuota kursi parlemen Kabupaten Nunukan pada pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga :  Diduga Terjatuh, Chandra ABK Speedboat Paolai Express Dikabarkan Hilang

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan, mengatakan mengacu pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, menjelaskan bahwa jika penduduk Kabupaten berjumlah 100 hingga 200 ribu maka akan menerima alokasi sebanyak 25 kursi dan jika jumlah penduduk 200 hingga 300 ribu maka alokasi kursi yang diterima sebanyak 30 kursi.

“Kalau tidak ada perubahan data dari Disdukcapil tersebut maka untuk potensi penambahan 5 kursi Dapil itu pasti ada,” ujar Rahman kepada benuanta.co.id, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga :  KPU Bulungan Siapkan 2 Rancangan Penentuan Daerah Pemilihan

Diungkapkannya, untuk memastikan potensi tersebut pihaknya masih menunggu data rilis dari Dirjen Disdukcapil yang akan disampaikan langsung ke KPU RI dan nantinya akan diteruskan ke KPU Nunukan.

Hal tersebut lantaran, data tersebut masih perlu dilakukan penunggalan, yang mana masih diproses terkait kegandaan data lalu penyandingan data kematian dan lainnya.

“Jadi nantinya data bersih tersebut akan dikeluarkan oleh Dirjen Disdukcapil kepada KPU RI yang nantinya akan dijadikan acuan kita apabila ada penyusunan penambahan Dapil,” tandasnya.(*)

Baca Juga :  Antisipasi Kebakaran, Disdamkarmat Pelatihan Cara Memadamkan Api Secara Dini

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + 4 =