Disnaker Catat Satu Hari 10-15 Orang Cari Kerja di Kota Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Tarakan Agus Sutanto mengatakan jumlah pencari kerja terbilang menurun dari tahun sebelumnya.

“Ya kalau di data 2021 itu meningkat, karena di 2021 kemarin data pencaker sudah sekitar 1.000 orang, ya insyaallah tahun ini lebih banyak karena semua orang butuh kerja,” tuturnya kepada benuanta.co.id, Selasa (27/9/2022).

Lanjutnya, tahun ini serapan tenaga kerja baru mencapai angka 25 persen dari jumlah pencari kerja.

Baca Juga :  Dukung Produk Lokal, Gubernur Kaltara Cerita Luncurkan Aplikasi "Kaltara Dihati Shop"

“Meski begitu, dalam satu hari tercatat 10 hingga 15 orang yang mencari kerja di Tarakan. Lalu Kalau ada momen tertentu, dalam satu hari itu jumlah pencari kerja bisa sampai 50 sampai 100 orang,” ujarnya.

Tak hanya itu, dikatakan Agus bahwa jumlah pencari kerja di Tarakan per Agustus 2022 lalu mencapai 930 orang yakni meliputi dari 467 orang tingkat lulusan SLTA.

Baca Juga :  Harga Daging Sapi Diprediksi Berikan Pukulan Ganda Menjelang Nataru

389 orang baru lulus tingkat strata satu, kemudian yang lulusan diploma ada 33 orang, termasuk tingkat SLTP sebanyak 25 orang, tingkat SD 13 orang dan 3 orang lulusan strata dua.

“Nah kalau lowongannya sampai Agustus 2022 ini baru, kurang lebih hampir 200 orang tenaga kerja yang sudah terserap. Ini belum termasuk yang bulan ini (September),” beber Agus Sutanto.

Agus Sutanto ini juga menuturkan bahwa kalau membahas berdasarkan data ditahun 2021, jumlah data pencari kerja mencapai 1.000 orang dengan serapan tenaga kerja mencapai 180 orang.

Baca Juga :  BPBD Tarakan Ajak Kolaborasi 5 Unsur Stakeholder Upaya Mitigasi Bencana Alam

Sementara tahun ini, hingga Agustus jumlah pencari kerja 930 orang dengan serapan 200 tenaga kerja.

“Sehingga tahun ini serapan tenaga kerja lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Ini menandakan Tarakan sudah mengalami perbaikan ekonomi,” tutupnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 11 =