UPTD Samsat KTT Razia Pajak Kendaraan, Ratusan Kendaraan Pajaknya Mati

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Tingkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak Unit Pelaksana Pendapatan Daerah (UPTD) Samsat Kabupaten Tana Tidung (KTT) gelar razia pajak kendaraan di pertigaan Jalan Agatis Kabupaten Tana Tidung (KTT).

Kepala UPTD Samsat Tana Tidung, Jefri mengatakan razia pajak kendaraan ini merupakan kegiatan razia perdana yang dilakukan oleh Samsat di tahun 2022 ini.

“Karena ini perdana, jadi kita lakukan bersama dengan pihak kepolisian, tujuannya agar masyarakat KTT bisa lebih taat dalam membayar pajak kendaraan,” kata Jefri saat dihubungi pada Ahad, 25 September 2022.

Selama kegiatan razia pajak kendaraan ini berjalan, Jefri membeberkan pihaknya sudah menemukan ratusan kendaraan yang memiliki pajak mati, bahkan di antaranya ada yang sudah tidak membayar pajak selama bertahun-tahun.

“Karena semua jenis kendaraan baik mobil dan motor yang kita razia, jadi banyak juga ternyata yang kita temukan tidak membayar pajak, total ada 100 lebih kendaraan. Bahkan ada juga yang tidak bayar pajak hingga 2 tahun,” ujarnya.

Dari razia pajak yang dilakukan oleh UPTD Samsat bersama Polsek Sesayap ini, Jefri mengaku menerapkan sistem bayar pajak ditempat dan sanksi berupa penahanan surat berkendara.

“Tim pembayaran dan pendataan pajak turut kita bawa, jadi kalau ada masyarakat yang mau langsung membayar pajak, bisa kita bantu disini,” tambahnya.

“Tapi jika tidak bisa membayar pajak, maka STNK-nya kita tahan sementara dan kita berikan jika mereka sudah membayar pajak,” tuturnya.

Adanya kegiatan razia ini, dimaksudkan Jefri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar taat membayar pajak, mengingat pajak juga dapat meningkatkan PAD Daerah yang nantinya juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita harap setelah razia ini, masyarakat bisa lebih peka untuk membayar pajak, karena disini kita murni ingin mengedukasi masyarakat. Jadi ke depan kita tidak perlu lagi menggelar razia hanya untuk menagih pembayaran pajak,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat yang terkena razia ini, Rahmat mengatakan adanya razia ini sebenarnya cukup membantu masyarakat dalam membayar pajak.

“Kaget juga ada razia ini, tapi disisi lain kita terbantu juga karena bisa langsung membayar pajak di sini,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =