2 Hektare Lahan Ludes Dilahap Si Jago Merah di Mansapa Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi Kelurahan Mansapa (Sei Jepun) RT 02, RW 1 yang terjadi pada Sabtu malam, 24 September 2022.

Kasubbid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Mulyadi mengungkapkan kejadian Karhutla tersebut pertama kami dilaporkan oleh salah satu personel dari BPBD yang melihat adanya asap tebal di sekitar wilayah Mansapa.

“Kita menerima laporan dari personel itu sekira pukul 19.30 Wita, jadi kita langsung turunkan personel untuk langsung ke lokasi tersebut di Sei Jepun,” ujar Mulyadi kepada benuanta.co.id, Ahad (25/9/2022).

Baca Juga :  Usulan Musrenbang se-Kecamatan Nunukan Telah Terinput di SIPD

Mulyadi mengatakan, kuat dugaan Karhutla tersebut terjadi karena pembukaan lahan, yang mana hal tersebut didapati di lokasi hasil tebangan pohon yang banyak dan tumpukan ranting yang terbakar.

“Itu sengaja dibakar untuk buka lahan baru, tapi saat personel tiba di lokasi pelaku pembakarannya sudah tidak ada,” ungkapnya.

Disampaikannya, saat personel tiba di lokasi langsung berusaha memadamkan si jago merah agar tidak menyebar lebih luas, Mulyadi mengatakan dalam Karhutla tersebut tidak ditemukan adanya korban jiwa, namun untuk luas lahan yang terbakar diperkirakan sekira 2 hektare.

Baca Juga :  Uji Sampel Pangan di Pasar Inhutani, Sayuran Asal Malaysia Positif Residu Pestisida

“Informasinya lahan tersebut milik salah satu warga, sudah Almarhum,” tandasnya.(*) 

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *