Persiapan Pesta Adat Besar IRAU, Pemkab KTT akan Pecahkan Dua Rekor Muri Lagi

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Usai acara tulak bala dengan 67.693 ketupat pecahkan Rekor MURI pada 21 September 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) tengah menyiapkan rekor muri lainnya pada acara kebudayaan pesta adat besar IRAU.

Bupati KTT Ibrahim Ali membenarkan hal itu. Ia mengatakan dua rekor yang akan kembali dipecahkan oleh KTT di antaranya penyiapan lentungan atau tumbuk padi terbanyak dan Busak Malai terbanyak.

Baca Juga :  Siapkan Bibit Unggul, Gubernur dan DKP Kaltara Tebarkan 110 Ribu Benur di Desa Bebatu

“InsyaAllah dua rekor itu akan kembali kita pecahkan pada pergelaran Irau nanti dan saat ini setiap Desa yang ada di KTT sudah melakukan persiapan untuk memecahkan rekor itu,” ujar Ibrahim Ali, Jumat, 23 September 2022.

Bupati Tana Tidung ini ingin memperkenalkan budaya lokal di daerah kepada khalayak ramai hingga menjadi budaya yang masuk dalam kalender Nasional seperti halnya Festival Tengkayu di Tarakan.

Baca Juga :  Siapkan Bibit Unggul, Gubernur dan DKP Kaltara Tebarkan 110 Ribu Benur di Desa Bebatu

“Kita ingin memperkenalkan kebudayaan kita kepada masyarakat luas, bukti kalau KTT ini juga kaya akan budaya yang harus dapat perhatian Nasional akan kelestariannya,” ujarnya.

“Disisi lain kita juga ingin meningkatkan pariwisata kebudayaan kita, sehingga kebudayaan yang ada di KTT bisa memperkuat identitas kita sebagai warga asli KTT,” jelasnya.

Lentungan merupakan adat dari suku Dayak Brusu yang harus dilestarikan. Dalam konsep pemecahan rekor penyiapan lentungan akan menyiapkan lentungan terpanjang di Indonesia yang akan ditumbuk bersama masyarakat Dayak Brusu.

Baca Juga :  Siapkan Bibit Unggul, Gubernur dan DKP Kaltara Tebarkan 110 Ribu Benur di Desa Bebatu

“Satu lentungan ini nantinya memiliki panjang belasan meter dan ada belasan bahkan puluhan lentungan yang akan kita bentuk garis panjang dan kita tumbuk bersamaan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =