Hindari Atlet Instan, Kaltara Harus Berdayakan Potensi Anak Daerah

benuanta.co.id, BULUNGAN – Sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) I Kalimantan Utara digelar, Pemerintah Provinsi Kaltara melakukan rapat koordinasi bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), baik provinsi maupun kabupaten kota serta dengan Ketua Umum Panitia Besar (PB) Porprov I.

Dalam rapat persiapan Porprov I Kaltara tahun 2022, Ketum PB Porprov Syarwani mengatakan apa yang diusung oleh Gubernur Kaltara bagaimana provinsi bungsu ini dapat berbicara ditingkat nasional melalui cabang olahraga (Cabor).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Salah satu jembatan kita adalah dengan melalui Porprov ini. Cabor yang dipertandingkan kurang lebih 31 cabor baik di Tarakan maupun di Bulungan,” ujar Syarwani kepada benuanta.co.id, Jumat 23 September 2022.

Dirinya pun merasa terhormat dapat menjabat sebagai Ketum PB Porprov, apalagi sejak lahirnya Provinsi Kaltara, di era Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang lah pertama kali akan dilaksanakan event olahraga terbesar di Kaltara.

“Sejak berdirinya Provinsi Kaltara, pak Gubernur lah pertama kali menggagas. Ini adalah sejarah di mana pelaku utama dan inisiatornya adalah pak Gubernur, lalu kita semua yang berkontribusi juga sebagai pelaku sejarah,” bebernya.

Untuk sisi venue sendiri di Kabupaten akan menggunakan 12 venue, di antaranya stadion Andi Tjatjo, Dome Sport Center, GOR Tenis Anggun, GOR Bulutangkis Handal, Graha Pemuda, Lapangan Ahmad Yani, Lapangan Agathis, Gedung Wanita, GT Kilometer 9, Lapangan Polres Bulungan, Lapangan Sepakbola Ahmad Yani dan GOR Brigif 24 Bulungan Cakti dan Kipan.

Sedangkan venue yang di Tarakan menggunakan 7 venue yakni Lantamal XIII Tarakan, Gedung Wanita, Stadion Datu Adil, GOR Tenis Indoor, Jalan Bhayangkara, GOR Bilyar Jalan Slamet Riyadi dan Islamic Centre Tipe B.

“Untuk venue yang pernah di cek oleh KONI, sedikit konsen kita akan melakukan pembenahan terhadap Stadion Andi Tjatjo. Anggarannya dari Bulungan itu untuk event seremoni maupun closing,” jelasnya.

Kata dia, seluruh perangkat daerah di Pemkab Bulungan akan melaksanakan pembersihan di Stadion Andi Tjatjo sebagai bentuk dukungan Pemkab Bulungan terhadap suksesnya penyelenggaraan Porprov I.

“Untuk sekretariat PB Porprov kami menyiapkan satu bangunan di Jalan Sengkawit disamping kantor PLN,” terangnya.

Bupati Bulungan ini menuturkan ke depannya menyudahi untuk mengejar prestasi olahraga dengan cara yang instan. Walaupun nantinya butuh waktu lama dan biaya besar harus dikeluarkan. Dirinya tidak menginginkan ada atlet yang hanya digunakan semusim dari cabor tertentu, itupun dari luar daerah Kaltara.

“Kita fokuskan pada pembinaan-pembinaan yang sifatnya lebih maksimal dengan menggerakkan seluruh potensi sumber daya ataupun anak-anak yang ada di Kalimantan Utara untuk mengharumkan Kaltara dari cabor,” tuturnya.

“Atlet kita harus benar-benar lahir dari Kaltara sehingga kita tidak lagi memproduk atlet yang instan,” sambungnya.

Untuk diketahui anggaran penyelenggaraan Porprov I sebesar Rp 6.649.014.000. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *