oleh

Polda Kaltara Perkenalkan ETLE dan Aplikasi TRIPS di HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 67

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltara merayakan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke – 67 dengan kegiatan syukuran sekaligus dirangkai dengan peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Gedung B Mako Polda Kaltara pada Kamis, 22 September 2022.

Selain ETLE, Polda Kaltara juga memperkenalkan aplikasi Traffic Inteligent Partner Service (TRIPS), dan pembangunan Pos Induk PJR bukit Baratan di Kilometer 6.

Kegiatan ini dihadiri Kapolda Kaltara, Gubernur Kaltara yang mengikuti kegiatan melalui daring, Wakapolda Kaltara, Danrem 092/Mrl, para PJU Polda Kaltara, pejabat Forkopimda Kabupaten Kota Provinsi Kaltara, serta para tamu undangan dari komunitas-komunitas seperti komunitas motor.

Hari Lalu Lintas Bhayangkara yang ke – 67 ini mengambil tema “Polri yang Presisi Pulih dan Bangkit Bersama Menuju Indonesia Maju”.

Ditlantas Polda Kaltara juga mengoperasionalkan ETLE yang merupakan sistem penegakan hukum di bidang Lalu Lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera yang dapat mendeteksi jenis pelanggaran Lalu Lintas, dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis. Ini juga sebagai upaya melaksanakan Program Prioritas Presisi Kapolri yang ke -3, yaitu “Penguatan Penegakan Hukum Profesional dan Berkeadilan”.

Kapolda Kaltara, Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si., di dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa melalui program ETLE ini tidak ada interaksi langsung antara petugas dan pelanggar, dan rekaman kamera ETLE juga dapat digunakan sebagai barang bukti dalam perkara Pelanggaran Lalu Lintas dengan harapan akan mampu memperoleh respon positif guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah jajaran Kaltara yang sudah mendukung dan memfasilitasi terwujudnya ETLE nasional. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Ditlantas Polda Kaltara yang terus mengembangkan inovasi di antaranya aplikasi TRIPS, dan pembangunan Pos Induk PJR Bukit Baratan di Kilometer 6 guna memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga terwujudnya kamseltibcar lantas yang kondusif di Kaltara ini,” ucap Kapolda Kaltara.

Gubernur Kaltara Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum juga turut memberikan sambutannya secara daring.

“Selamat Hari Lalu Lintas yang ke – 67, dengan dibentuknya ETLE terkhususnya di wilayah Kaltara, sistem penegakkan hukum di bidang elektronik dalam aspek keamanan lalu lintas, agar dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran di tengah-tengah masyarakat, serta menekan angka kecelakaan dan dapat mendisiplinkan pengendara. Saya juga minta kepada instansi pemerintah dan Polri itu sendiri untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat demi mewujudkan rasa aman dan nyaman dalam berlalu lintas,” pungkas Gubernur Kaltara. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × 2 =