Bawaslu Tana Tidung Jalin Kerja Sama dengan Kecamatan Bentuk Sekretariat Pengawas

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Kawal berjalannya agenda Pemilu serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Tidung(KTT), akan jalin kerja sama dengan seluruh kecamatan dalam membentuk kesekretariatan Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Di KTT sendiri ada 4 kecamatan yang akan diajak kerja sama oleh Bawaslu KTT, termasuk kecamatan Tana Lia yang merupakan kecamatan yang jaraknya paling jauh dari pusat ibu kota KTT.

“Saat ini agenda kita ialah menjalin silaturahim dengan pihak Kecamatan Tana Lia, karena ke depan kita juga berharap rekan-rekan panwascam yang sudah terbentuk dapat difasilitasi di masing-masing Kecamatan,” kata Ketua Bawaslu, Chaeril pada Selasa, 21 September 2022.

Baca Juga :  ABJ: Jokowi Siratkan Capres yang Didukungnya saat "Nusantara Bersatu"

Ia menuturkan setiap Pawascam yang terbentuk nantinya akan melakukan kordinasi kepada camat di setiap kecamatan dan membangun sinergitas yang baik dalam hal perbantuan tenaga ASN yang akan menjadi kepala sekretariat pengawas kecamatan.

“Aturan itu ada dan tertuang dalam pedoman pembentukan panwascam untuk pemilu tahun 2024, karena baik dalam pengelolaan kesekretariatan, administrasi dan pengelolaan anggaran harus dilakukan oleh ASN yang memegang tangung jawab sebagai kepala sekretariat panwascam dan di bantu oleh ASN sebagai pengelola anggaran” ujarnya.

Baca Juga :  Rapat Konsolidasi, PKB di Kaltara Target Tambah Kursi Pemilu 2024

Kepala sekretariat panwascam yang sudah terbentuk tentunya akan bertanggung jawab kepada kepala/kordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Tana Tidung.

Dalam kerja sama dengan Kecamatan ini, Chaeril berharap kalau pihak Kecamatan nantinya juga bisa membantu Bawaslu KTT dalam mempersiapkan seperti kantor Sekretariat Pawascam.

“Hal itu tentunya sudah kita bahas, karena kita juga saat ini ingin pihak Kecamatan memberikan kontribusi dan bersinergi dalam mengawal Pemilu tahun 2024 termasuk dalam membantu memfasilitasi perekrutan pengawas kecamatan. Terutama di kecamatan terjauh yaitu kecamatan Tana Lia.

Baca Juga :  KPU Sulsel Segera Membuka Pendaftaran Anggota DPD RI

“Karena untuk anggota Panwascam sendiri, kita akan mengutamakan masyarakat yang memang berdomisili di Kecamatan masing-masing. Pasalnya masyarakat yang berdomisili tetap, akan mempermudah jalannya pengawasan terhadap Pemilu,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 5 =