Akibat Banjir Bandang di Desa Wa’laya Krayan Persawahan Rusak dan Gagal Panen

benuanta.co.id, NUNUKAN – Akibat intensitas hujan yang tinggi di Kecamatan Krayan mengakibatkan sebagian sawah warga juga terkena imbas banjiri, menyikapi persoalan itu Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG membantu membersihkan sawah dan aliran sungai yang terdampak longsor dan banjir bandang di Desa Wa’laya Wilayah Terang Baru Kecamatan Krayan Induk.

Camat Krayan induk Roni Firdaus mengatakan, Selama 2 pekan hujan terus mengguyur seluruh kecamatan Krayan sehingga terdapat beberapa titik terjadi tanah longsor yang mengakibatkan jalan tidak bisa dilalui warga dan banjir bandang yang mengakibatkan aliran sungai terhambat oleh material kayu dan pasir, sehingga aliran sungai terhambat oleh material tersebut, dampak yang terjadi adalah persawahan warga rusak serta material kayu yang masih menutup aliran sungai.

Baca Juga :  Penertiban Pajak di Nunukan, 11 Pengendara Bayar di Tempat 

“Mengakibatkan persawahan rusak dan gagal panen dikarenakan padi yang berumur kurang lebih 1 bulan tertutup pasir dan kayu,” kata Roni Firdaus, Ahad (18/9/2022).

Atas instruksi camat krayan Roni firdaus dibantu oleh Wadan Satgas Mayor Arm Norman Prasetya Budiman, Danramil Krayan Kapten Inf Joan Agus, Kapolsek Krayan Ipda Hermanto, LSM K2TG, Tim dari BPBD dan Tim dari Dinas Pertanian kabupaten serta Kepala desa Wa’laya Melkias dan seluruh warga sekitar Desa Wa’laya bersama-sama melaksanakan pembersihan material kayu yang berada di sawah dan sungai yang mengakibatkan aliran air terhambat.

Baca Juga :  Kunker ke Daratan Tinggi Krayan, Dewan Negara Malaysia Bahas Ini

Sementara itu, Kepala desa Wa’laya Melkias sangat berterima kasih atas kegiatan karya bakti tersebut sehingga aliran sungai bisa lancar kembali dan tidak terhambat lagi oleh material kayu gelondongan yang terbawa oleh banjir bandang.

“Apalagi kegiatan seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena giat ini adalah bukti bahwa kita sebagai instasi pemerintah harus selalu membantu dan langsung turun tangan untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat kita,” jelasnya.

Baca Juga :  WC PVC Solusi Kades Setabu bagi Warganya yang Bermukim di Bantaran Sungai 

Dansatgas Mayor Arm Yan Octa Rombenanta menyampaikan bahwa kegiatan karya bakti adalah upaya Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG untuk membantu masyarakat yang kesusahan, sehingga dampak dari adanya bantuan dari Satgas Yonarmed 5 dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang sawahnya terkena banjir bandang.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *