Pakai Dana Darurat, Pekerjaan Jalan Longsor Segera Dilaksanakan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Setelah Pemerintah Kabupaten Nunukan mengeluarkan status wilayah Kecamatan Krayan Selatan tanggap darurat bencana alam tanah longsor. Maka penanganan jalan harus segera dilakukan.

Jalan yang menghubungkan Kecamatan Krayan Selatan dengan Kecamatan Krayan ini, masuk dalam kewenangan Pemerintah Provinsi Kaltara. Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara pun akan segera melakukan penanganan.

“Karena Pemkab Nunukan sudah mengeluarkan surat jika wilayah tersebut rawan bencana. Kita akan mencari jalan untuk mendanainya dalam waktu segera,” ungkap Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara Datu Iman Suramenggala kepada benuanta.co.id, Kamis 15 September 2022.

Dia menjelaskan untuk penanganan jalan longsoran tersebut akan menggunakan dana darurat yang dimiliki Pemprov Kaltara. Pihaknya belum bisa memastikan berapa besar anggaran yang akan dikucurkan, pasalnya di lapangan tengah dilakukan perhitungan.

“Kami masih menghitung, saat naik kami bersama tim konsultan yang tinggal disana. Itu mereka lagi menghitung apa saja kebutuhannya untuk penanganannya,” ucapnya.

Kata dia, penggunaan dana tanggap darurat itu bisa sewaktu-waktu keluar, kini pihaknya menunggu keputusan Gubernur Kaltara. Persyaratan penggunaan dana darurat itu sendiri sudah masuk setelah Pemkab Nunukan mengeluarkan status tanggap darurat bencana alam tanah longsor di Krayan Selatan.

“Estimasi anggarannya masih dalam perhitungan. Nanti rencananya hanya pembukaan badan jalan saja selebar 5 meter, yang penting mobilisasi barang dan logistik bergerak disitu,” tuturnya.

Pasalnya saat ini, Long Layu terisolir dampak longsoran jalan yang panjangnya sekitar 300 meter itu. Datu Iman Suramenggala mengatakan untuk alat berat sudah berada di lokasi longsoran. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 12 =