Simak Deretan Penyakit Anak yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

benuanta.co.id, TARAKAN – Cuaca penghujan mulai menghampiri wilayah Utara Kalimantan. Tentu membuat sejumlah virus kerapkali datang dan membawa penyakit khususnya pada anak-anak.

Dokter Spesialis Anak RSUD dr. H Jusuf SK, dr. Franky Sientoro, Sp. A menjelaskan saat ini pada ruangan anak terdapat 3 penyakit yang pihaknya tangani. Di antaranya, muntah dan diare, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan DBD.

“Kalau muntaber penanganannya beda dengan DBD tidak spesifik sama, karena kan yang kita takutin keluarnya cairan lewat saluran cerna,” jelasnya, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga :  RSUD dr JSK Utus Satu Dokter Dampingi Kontingen PWI Kaltara di Porwanas

Ia menuturkan keluarnya cairan ini dapat menyebabkan dehidrasi pada penderitanya. Sedangkan untuk DBD cairan keluar ke dalam organ tubuh.

Dilanjutkannya, untuk muntaber sendiri ciri-cirinya dapat disertai dengan demam.

“Biasanya muntah, kalau sudah dehidrasi itu mulutnya kering, nafsu minumnya tinggi. Mau minum terus haus terus rasanya, itu bahaya,” tegas Franky.

Selain itu, pada diare yang disertai muntah juga sangat berbahaya. Dikarenakan keluarnya cairan terus menerus dan kebutuhan cairan terus meningkat.

Baca Juga :  Peringati Hari HIV/AIDS, RSUD dr JSK akan Buka Penyuluhan Umum  

“Cairan kurang, pengeluaran kurang tapi kebutuhan yang masuk tidak bisa,” tukasnya.

Franky melanjutkan untuk ISPA sendiri yang menyerang anak, biasanya dikarenakan faktor eksternal. Artinya bukan karena bawaan anak tersebut.

“Kalau ISPA bisa karena virus, atau bakteri pada saluran pernapan atas. Itu bisa ke paru-paru dan saluran pernafasan seperti hidung tenggorokan lalu ke paru-paru,” bebernya.

Baca Juga :  RSUD dr JSK Mulai Disurvei Re-Akreditasi

Lebih jauh ia menguraikan kapasitas ruangan anak di RSUD dr. H Jusuf SK juga telah terdapat penambahan tempat tidur. Sebelumnya terdapat 40 dan terdapat penambahan sekitar 80 tempat tidur.

“Kalau pun penuh, ya bisa kita pindahkan ke ruangan lainnya, hampir semua juga sudah tercover BPJS,” tandas Franky. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 16 =