Harga BBM Naik, Pelindo Makassar Lakukan Penyesuaian Biaya

benuanta.co.id, MAKASSAR – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) turut berdampak di berbagai sektor, termasuk aktivitas di Pelabuhan Makassar. Namun, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional IV Makassar berkomitmen akan tetap memberikan pelayanan maksimal kepada para pengguna jasa.

General Manager Pelindo Makassar, Suhadi Hamid Aly mengatakan, sejak awal September lalu pihaknya sudah mulai menerapkan fuel surcharge atau penyesuaian biaya di pelabuhan. Kebijakan itu diambil setelah adanya kesepakatan bersama dengan para stakeholder.

“Sehingga kenaikan harga BBM kali ini tidak begitu berpengaruh signifikan, terutama terhadap aktivitas di Pelabuhan Makassar. Sebab telah dilakukannya fuel surcharge pada awal September tahun ini,” kata Suhadi, Kamis, (8/9/2022).

Baca Juga :  Ancaman Busur Kian Meresahkan di Makassar, Kapolrestabes Pastikan Tindak Tegas

Menanggapi itu Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto menuturkan, terkait kenaikan harga BBM tersebut, pihaknya telah melakukan diskusi dengan beberapa pihak. Tujuannya, kata dia, untuk menyatukan persepsi dan pendapat.

“Agar tidak ada konflik dan keributan di Pelabuhan Makassar terkait adanya kenaikan harga BBM. Intinya agar keamanan khususnya di Pelabuhan Makassar bisa terkendali, dan perekonomian di kota ini tidak terganggu,” ucap AKBP Yudi.

Baca Juga :  Warga Gowa Mulai Terima Sertifikat Tanah, Bupati Adnan Janji Rampungkan 18.000 Bidang

Senada Kepala Kesbangpol Kota Makassar Zainal Ibrahim menambahkan, melalui diskusi dengan pihak pihak terkait  untuk menyikapi kenaikan harga BBM secara bijaksana.

“Memang tidak ada solusi yang bisa menyatukan semua pihak, tapi paling tidak ada solusi yang bisa diperoleh semua pihak. Kami (Kesbangpol Kota Makassar) terbuka dengan semua masukan dari berbagai pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Humas PT Pertamina Regional Sulawesi Laode Syarifuddin menyebutkan, pihaknya memiliki tugas dan tanggung jawab, untuk melakukan pengendalian dan menyiapkan BBM di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Makassar.

Baca Juga :  Warga Gowa Mulai Terima Sertifikat Tanah, Bupati Adnan Janji Rampungkan 18.000 Bidang

“Kami akan selalu menjalankan tugas dan amanah dari pemerintah, dalam hal menyiapkan dan mendistribusikan BBM, kepada pihak-pihak yang telah resmi ditunjuk. Seperti kita ketahui bersama, hampir semua aktivitas masyarakat memerlukan BBM, termasuk aktivitas di pelabuhan,” bebernya.

Oleh sebab itu, kata Laode, pihaknya akan selalu berupaya agar kenaikan harga BBM tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Terutama berimbas pada keterlambatan masuknya barang atau logistik, khususnya di wilayah pelabuhan,” tandasnya. (*)

Reporter: Akbar

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − eleven =