Pengendalian Inflasi Daerah, Bupati Nunukan: Ketersediaan Bahan Pokok Harus Ada dan Aman

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan telah melaksanakan rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait pengendalian Inflasi Daerah pada Senin, 5 September 2022 yang dilaksanakan di ruang Sekretariat Forkopimda Kantor Bupati Nunukan.

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid  mengatakan, Pemerintah Daerah telah mempersiapkan beberapa langkah untuk ditindaklanjuti terkait inflasi daerah, dimana hal tersebut sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1946 votes

“Sekretaris Daerah Nunukan sebelumnya sudah merapatkan hal ini bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait upaya Pemda untuk menjaga ketersediaan stok barang sembilan bahan pokok (sembako) dan kita sudah membuat simulasi terkait hal ini,” ujar Laura kepada benuanta.co.id, Senin (5/9/2022).

Baca Juga :  Pelabuhan Sei Jepun Dipadati Penumpang Berwisata ke Sebatik

Sementara itu, Laura mengatakan inti dari diadakannya rapat koordinasi dengan Forkopimda yakni untuk memastikan bahwa kebutuhan barang-barang Pokok masyarakat di Nunukan tetap ada dan aman.

Dijelaskan Laura, Pemerintah Daerah melalui OPD terkait yakni Dinas Perindustrian, Koperasi, UMKM dan Perdagangan (DKUMKP) akan melakukan pengawasan dengan bekerja sama dengan TNI/Polri. Hal ini untuk mencegah terjadinya permainan harga oleh pelaku usaha yang ada di lapangan.

Baca Juga :  Febuari Kunjungan Wisman Meningkat Sebanyak 905 Kunjungan ke Kaltara

“Jadi hari ini kita juga akan melakukan vicon yang dipimpin langsung oleh Kepala Menko Perekonomian difasilitasi dengan Kemendagri serta sejumlah kementerian lainnya untuk memberi arahan,” katanya.

Disampaikannya, terkait penanganan inflasi daerah di Nunukan, Laura mengatakan tidak menutup kemungkinan nantinya akan dilakukan seperti halnya penanganan saat pandemi Covid-19.

“Tapi kita belum tahu sejauh mana bentuk hal tersebut, sehingga kita butuhkan penjelasan lebih jelasnya melalui rapat tersebut, Insyaallah muali besok kita akan merumuskannya,” jelasnya.

Dijelaskannya, langkah-langkah konkrit yang akan dilakukan setelah adanya rumusan dari seluruh stakeholder terkait.

Baca Juga :  Tabrakan di Perairan Sebatik, Tim Gabungan Masih Lakukan Evakuasi Perahu 

Sedangkan untuk ketersediaan bahan pokok, Laura mengatakan dari laporan DKUMKP Nunukan, stok sembako sejauh ini masih aman.

“Hari ini akan ada lagi kapal yang membawa barang pokok masuk, jadi kita akan melakukan perbandingan harga sebelumnya dan sesudahnya.”

Ditambahkan Laura, dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah akan mengundang pelaku-pelaku usaha untuk memberikan arahan.

“Paling tidak mereka harus paham dengan keadaan yang terjadi saat ini, sehingga butuh komitmen bersama sehingga ini semua dapat kita stabilkan.” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *