Peringati Harhubnas, Unsur Perhubungan di Tarakan Kampanyekan Keselamatan Bertransportasi

benuanta.co.id, TARAKAN – Kementerian Perhubungan menggelar kampanye keselamatan bertransportasi dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas). Kampanye ini digelar guna mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dalam bertransportasi.

Kampanye inipun digelar disejumlah daerah, salah satunya Tarakan, Kalimantan Utara yang dimotori langsung oleh Instansi Perhubungan. Spot yang dipilih menjadi lokasi kampanye ialah Simpang Empat GTM Tarakan. Seruan ini digelar pada Jumat, 2 September 2022 sekira pukul 08.00 dengan melibatkan Dinas Perhubungan Kota Tarakan, KSOP Kelas III Tarakan, Distrik Navigasi Kelas III Tarakan, Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, PT. Pelindo IV Tarakan serta instansi perhubungan lainnya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Plt Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan, Ceppy menuturkan khusus untuk masyarakat pengguna jasa perhubungan harus mengedepankan keselamatan diri. Keselamatan diri yang dimaksud harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

Baca Juga :  Disnakertrans Kaltara: Pembayaran THR Paling Lambat H-7 Idulfitri

“Terkait berkendara transportasi darat harus dilengkapi dengan ketentuan dalam bertransportasi darat seperti helm, kelengkapan spion dan kelengkapan untuk keselamatan transportasi darat,” tuturnya saat ditemui usai kampanye, Jumat (2/9/2022).

Ceppy melanjutkan, untuk transportasi laut sendiri aturan keselamatan yang perlu dipatuhi seperti protokol kesehatan, mengingat suasana masih dalam pandemi Covid 19. Sisi lain soal life jacket atau pelampung. Sementara untuk transportasi udara, aturan keselamatan yang perlu dipatuhi masyarakat seperti tidak boleh membawa barang yang terlalu berat selama penerbangan.

“Karena masuk ke bagasi itu terbatas juga, karena keselamatan penumpang prioritas utama. Termasuk juga saat berada dalam pesawat, tidak boleh menggunakan handphone dan harus menggunakan sabuk keselamatan, itu yang kita suarakan,” lanjutnya.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara: THR Lebaran Harus Cair Tepat Waktu

Kegiatan kampanye ini diungkapkan Ceppy adalah bentuk upaya pihak perhubungan untuk mengingatkan masyarakat terhadap keselamatan diri. Ia mengimbau agar masyarakat dapat sadar dalam menjaga keselamatan. Ceppy menegaskan untuk kondisi kota Tarakan belum terlalu mengkhawatirkan dalam keselamatan transportasi.

“Karena angka kecelakaannya juga rendah, dan belum ada kejadian yang besar seperti kecelakaan pesawat ataupun laut, mudah-mudahan tidak ada kecelakaan juga. Karena sejatinya aturan itu diciptakan kembali lagi kepada jasa perhubungan atau transportasi,” sebutnya.

Terpisah, Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas III Tarakan, Romy menuturkan keselamatan laut sendiri pihaknya selalu memantau kapal maupun speedboat. Seperti diketahui, sejauh ini cukup banyak kejadian yang membahayakan di laut termasuk kebakaran maupun kecelakaan kapal.

Baca Juga :  BMKG Prediksi Hujan Lebat di Malam Hari, Catat Wilayahnya 

“Kami berharap juga ke pengguna transportasi, pemilik speedboat, operatornya maupun awak kapal juga harus kompetensi sehingga bisa mengoperasikan speedboat dengan aman. Ya sejauh ini masih berpotensi untuk terjadi kecelakaan kapal,” bebernya.

Disinggung soal unsur kecelakaan sejauh ini tak disebabkan oleh kelalaian. Namun untuk menentukan kelalaian sendiri, ia menjelaskan itu adalah wewenang penyidik dalam hal ini kepolisian maupun penyidik PPNS.

“Jadi sebelum keberangkatan itu sudah diarahkan sama BPTD untuk penggunaan life jacket juga tinggal pola perilaku masyarakat kita agar peduli meskipun pelayaran 2 atau 3 jam pakailah life jacket,” tandasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *