benuanta.co.id, TARAKAN – Menyosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah tugas yang wajib dilakukan oleh semua Duta BPJS Kesehatan tidak terkecuali oleh Duta BPJS Kesehatan Cabang Tarakan. Pada kesempatan kali ini, BPJS Kesehatan Tarakan menggelar Mobile Customer Service (MCS) di Kantor Kepala Desa Bunyu Selatan, Kecamatan Bunyu pada Jumat (26/08).
MCS dari BPJS Kesehatan Cabang Tarakan ini dilaksanakan oleh bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta serta bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta yang bersinergi untuk memberikan pelayanan prima kepada warga setempat.
Pada MCS tersebut diberikan pelayanan pemberian informasi Program JKN, pelayanan pendaftaran peserta baru, cetak kartu, edukasi terkait autodebet dan mempromosikan aplikasi Mobile JKN serta membantu men-download dan mendaftarkan aplikasi Mobile JKN pada ponsel warga yang belum registrasi.
“Kecamatan Bunyu ini merupakan sebuah pulau yang letaknya terpisah dengan Kabupaten Bulungan. Saat ini belum ada Kantor BPJS Kesehatan di wilayah ini, sehingga momentum kehadiran MCS ini sangat di manfaatkan oleh masyarakat Pulau Bunyu,” kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tarakan Yanuar Ajie Swandana.
BPJS Kesehatan Cabang Tarakan bekerjasama dengan kepala desa di lingkungan setempat untuk menginformasikan adanya MCS kepada warga di lingkungannya dan diharapkan kegiatan MCS ini akan dapat memenuhi kebutuhan para warga akan informasi Program JKN.
Pada kegiatan MCS hari itu petugas juga menerima beberapa keluhan dari peserta yang salah satunya mengenai sulitnya masyarakat melakukan pengurusan administrasi BPJS Kesehatan. Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang jauh ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat yang terletak di Kota Tarakan. Untuk menuju Kota Tarakan, masyarakat Pulau Bunyu harus menggunakan speedboat dengan jarak tempuh 1 jam. Menanggapi hal tersebut, petugas memberikan informasi mengenai kemudahan pelayanan yang dapat diakses di manapun dan kapanpun dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN beserta tata cara penggunaannya.
“Banyak peserta yang masih belum memahami manfaat Mobile JKN yang sangat membantu kepengurusan BPJS Kesehatan. Pada Mobile JKN sudah tersedia banyak fitur-fitur yang membantu beragam kebutuhan peserta seperti fitur pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta, info iuran, fitur konsultasi dokter dan masih banyak lagi fitur lainnya,” ujar Yanuar.
Dengan memanfaatkan Mobile JKN, masyarakat Pulau Bunyu diharapkan dapat melakukan urusan administrasi dengan mudah tanpa harus datang lagi ke Kantor BPJS Kesehatan. Selain aplikasi Mobile JKN, masih ada beberapa pilihan akses layanan tanpa tatap muka lainnya seperti Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi dengan satu nomor melalui 08118165165.
Sementara itu, Darmawan (34) salah satu warga Desa Bunyu Selatan mengaku senang dengan kehadiran MCS BPJS Kesehatan di Pulau Bunyu. Dirinya menjadi salah satu warga yang turut memanfaatkan kehadiran MCS dengan hadir langsung di lokasi MCS.
“Saya sangat senang ada kegiatan MCS ini di Pulau Bunyu. Selain melakukan pengurusan kepesertaan yang sudah tertunda sejak beberapa bulan yang lalu, saya juga berkesempatan menanyakan beberapa hal terkait alur pelayanan di rumah sakit yang akhirnya bisa terjawab,” ungkap Darmawan. (adv/oki)