Kepala BKDPSM Jamin Tidak Ada Jual Beli Jabatan di Pemkab KTT

benuanta.co.id, Tana Tidung – Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSM) Kabupate Tana Tidung (KTT) jamin, praktek pungli dan jual-beli jabatan tidak terjadi di KTT.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BKDPSM Tana Tidung, Arman usai melakukan Monitoring dan Evaluasi(Monev) bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, diruang Pertemuan Wakil Bupati, Kantor Pemkab Tana Tidung.

“Saya jamin tidak ada praktek seperti itu, karena dalam hal mutasi dan memindahkan jabatan ASN, kita harus melewati prosedur dan mekanisme kepegawaian,” kata Arman, Kamis 25 Agustus 2022.

Pasalnya, saat melakukan Monev bersama KPK, BKDPSM sempat mendapatkan evaluasi dan masukan mengenai tidak adanya pencegahan tindakan praktek korupsi pada indikator MCPnya.

Namun, Arman membantahnya dan mengatakan kalau semua penilaian indikator, perencanaan kerja, laporan kinerja semua sudah terlaporkan dengan baik, namun secara manual.

“Karena untuk jaringan online pada MCP KPK kita belum memadai dan hal itulah yang menjadi evaluasi kita bersama KPK. KPK pun sangat paham dengan kondisi itu dan hanya meminta kita untuk menyertakan poin itu saja dalam indikator pencegahan praktek korupsi pada jual-beli jabatan,” ujarnya.

Mengenai jual-beli jabatan, dijelaskan oleh Arman kalau hal itu sangat mustahil bisa terjadi khususnya untuk di KTT sendiri.

Pasalnya, sebelum melakukan mutasi atau memberikan jabatan kepada ASN, pihak BKDPSM harus meminta rekomendasi terhadap gubenur atau pejabat Provinsi Kaltara yang terkait. Sehingga menurut Arman sangat mustahil bisa terjadi praktek jual-beli jabatan dengan mekanisme seketat itu.

“Mekanisme dan aturan kepegawaiannya diatur seperti itu dan laporan-laporan kita mengenai mutasi pegawai itu sangat lengkap dan menyertakan rekomendasi itu,” tambahnya lagi.

“Makanya untuk praktek jual-beli jabatan di KTT ini sangat tidak mungkin terjadi dan KPK sendiri juga melihat hal ini dilaporan kita dan memang tidak ada masalah yang ditemukan,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2631 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *