RSUD dr. H Jusuf SK Ditunjuk Kemenkes Dirikan 3 Unit Center

benuanta.co.id, TARAKAN – Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Jusuf SK berencana membuka 3 unit center pelayanan penyakit dalam. Pembukaan unit ini seiring dengan arahan dari Kementrian Kesehatan, yang meminta salah satu rumah sakit di Kalimantan Utara harus membuka pelayanan ini.

Wadir Pelayanan, dr. Budy Aziz B. Sp., Pk menuturkan 3 center tersebut nantinya akan khusus melayani stroke, jantung dan kanker. Artinya, pelayanan kesehatan di RSUD itu akan semakin canggih.

Baca Juga :  Pengguna Vape Waspada Paru-paru Terjadi ‘Popcorn Lung’

“Ini juga program nasional dari Kementrian Kesehatan, untuk membuka ini,” sebutnya.

Ketiga center ini disebut Budy, ditargetkan akan selesai pada tahun 2023 mendatang.

“Ini kan instruksi menteri, jadi bunyinya itu salah satu rumah sakit Kaltara, dan itu tidak semua rumah sakit. Kaltara ini langsung disiapkan 3 Center. Karena kita sering rujuk ke Jakarta, Makassar dan Balikpapan,” bebernya.

Baca Juga :  RSUD dr JSK Utus Satu Dokter Dampingi Kontingen PWI Kaltara di Porwanas

Atas dasar itu kementrian memberikan instruksi pendirian pelayanan 3 center ini. Sedangkan ruangan sendiri, pihaknya telah memodifikasi beberapa ruangan yang ada sembari menunggu ke depan untuk penyiapan ruangan baru.

Tak hanya ruangan, peralatan untuk ketiga penyakit ini juga akan dilengkapi pada tahun 2022 ini.

“Berarti alat sudah, tinggal ruangannya yang kita cocokkan. Tinggal tunggu lagi dari kementrian apa yang disiapkan,” jelasnya.

Baca Juga :  RSUD dr JSK Mulai Disurvei Re-Akreditasi

Menyoal SDM sendiri, saat ini terdapat dokter spesialis yang saat ini tengah menempuh pendidikan. Namun, terdapat kekurangan saat ini yakni pada dokter radiologi dan anastesi.

“Karena ada dokter yang sakit, ada yang pelatihan juga. Alhamdulillah tapi ada sudah 1 dokter dari Makassar,” tandasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − six =