RSUD dr. H Jusuf SK, Telah Siapkan Layanan Kemoterapi

benuanta.co.id, TARAKAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Jusuf SK telah membuka layanan kemoterapi setiap harinya. Layanan kemoterapi ini khususnya kepada masyarakat yang ada di Kalimantan Utara (Kaltara).

Wakil Direktur Pelayanan, dr. Budy Aziz B. Sp., Pk menerangkan kendati dibuka layanan kemoterapi, pihaknya masih kekurangan dokter untuk kemoterapi. Saat ini jumlah dokter untuk kemoterapi ini hanya satu, hal ini tentu tidak sebanding jika harus melayani pasien se Kaltara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1547 votes

“Itu (kemoterapi) kita sudah layani, bahkan masyarakat Kaltara yang di kabupaten itu mungkin malah belum tahu,” ujarnya, Senin (22/8/2022).

Dikatakannya, untuk pasien kemoterapi sendiri juga tak terlalu banyak. Dalam kurun seminggu biasanya pihaknya hanya melayani sekitar 12 pasien. Hal ini juga tentu menghemat tenaga dari pasien itu sendiri, karena dalam pelayanan kemoterapi belum memiliki antrean yang panjang.

“Itu (pasien) masuk BPJS,” sebutnya.

Budy menerangkan pelayanan kemoterapi di RSUD dr. H Jusuf SK terbilang cukup membantu masyarakat Kaltara. Pasalnya, nilai biaya untuk pengobatan kemoterapi di luar daerah tentu lebih banyak dibandingkan di dalam daerah.

“Untuk alat-alatnya itu juga sudah ada semua dan memang sudah berjalan. Ke depan kita juga akan mendirikan 3 center khusus penyakit jantung, stroke dan kanker,” bebernya.

Ia menuturkan nantinya, dalam pelayanan ini juga memudahkan biaya pasien dan keluarga dalam berobat.

“Misal dari Nunukan ke Tarakan ongkos jalannya Rp 250 ribu, kalau dari Tarakan ke Jakarta itu biaya pesawat, biaya hidup di sana, belum berapa keluarganya mengantar,” tandasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *